Bergaya Hidup Sehat di Era Modern - Open Source Lab -->

Bergaya Hidup Sehat di Era Modern


Gaya hidup sehat adalah segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup sehat dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Gaya hidup sehat dapat dilakukan mulai dari mengatur pola makan, misalnya mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, selain itu dapat juga melakukan olahraga dan istirahat yang cukup. Namun faktanya dalam kehidupan ini banyak orang yang lalai terhadap kesehatannya sendiri. Padahal kita semua telah mengetahui bahwa kesehatan itu sangat penting sekali agar kita bisa beraktifitas dengan lancar. Bahagia rasanya jika badan kita sehat tanpa adanya penyakit yang menggrogoti tubuh ini. Karena salah satu nikmat yang diberikan Allah SWT untuk makhluknya yaitu kesehatan.
Pentingnya Gaya Hidup Sehat

Gaya Hidup Sehat Masa Kini

Dengan pesatnya perkembangan zaman saat ini tentu banyak sekali hal yang akan berpengaruh pada kehidupan kita. Terutama pada kesehatan tubuh dan pola gaya hidup sehat. Teknologi super canggih telah beredar dan maju dengan pesat, tetapi tidak demikian dengan gaya hidup manusia. Berbagai kemudahan yang ditawarkan hingga tersedianya berbagai macam kebutuhan saat ini kadang kala membuat banyak kalangan lupa bagaimana caranya agar hidup sehat. Contohnya saja seperti makanan cepat saji dan suplemen agar badan tetap fit. 

Meskipun di zaman modern ini kita telah dimudahkan dengan berbagai hal dengan instan dan praktis, tetapi tetap saja kita tidak boleh lupa dengan kesehatan tubuh kita. Diluar sana banyak sekali orang yang sakit dan rela melakukan apa saja dan mengeluarkan uang dan harta apapun supaya bisa sehat kembali. Memang dibutuhkan usaha yang ekstra ketika kita sakit dan ingin sehat kembali.

Nah, sekarang ini masyarakat lebih banyak perhatian terhadap kesehatan. Fakta ini diambil dari hasil survei Nielsen's New Global Health and Ingredient-Sentiment yang menyatakan bahwa saat ini masyarakat Indonesia mulai memiliki kepedulian terhadap pola makan dan makanan yang dikonsumsi. Negara Indonesia merupakan negara yang mayoritas respondennya 90% setuju dengan menerapkan gaya hidup sehat yang dapat membantu mereka untuk tetap sehat dalam menghadapi bertambahnya usia.

Pentingnya Gaya Hidup Sehat

Tetap saja dibalik itu semua pasti ada permasalahan yang dihadapi agar dapat menerapkan gaya hidup sehat. Berikut beberapa masalah yang akan dihadapi ketika menerapkan gaya hidup sehat :
  1. Keterbatasan waktu, masalah ini merupakan masalah utama bagi kita dan paling banyak dihadapi oleh sebagian orang karena harus menyisihkan waktu antara kegiatan bekerja, belajar, olahraga dan hal lainnya dalam kegiatan sehari-hari.
  2. Kurang tidur, mengurus tugas kantor maupun sekolah hingga larut malam ternyata tidak baik bagi kesehatan. Kurang tidur dapat berdampak langsung pada peforma kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari, membuat badan menjadi lemas, mudah stres, cepat mengantuk, dan sulit untuk berkonsenterasi.
  3. Godaan makan dan ngemil, ngemil menjadi musuh utama bagi orang yang sedang menjalani program diet. Lapar mata menjadi alasan mereka untuk tetap ngemil. 
  4. Jarang olahraga, banyak sekali orang yang mengabaikan kegiatan ini. Olahraga menjadi musuh dalam selimut untuk sebagian orang karena sulit sekali untuk melawannya. Padahal kegiatan olahraga sangat penting sekali karena dapat menjaga tubuh agar tetap fit.
Sebenarnya masih ada permasalahan lain yang dapat menghambat kita untuk menerapkan gaya hidup sehat tetapi dari sini kita telah mengetahui beberapa masalah umum apa saja yang akan dihadapi ketika kita ingin menerapkan gaya hidup sehat. Lalu apa saja manfaat lain yang didapatkan jika sudah menerapkan gaya hidup sehat  dan bagaimana caranya agar dapat menerapkan gaya hidup sehat yang baik. Berikut beberapa penjelasan dari manfaat dan tips gaya hidup sehat.


Manfaat Gaya Hidup Sehat

   1. Meningkatkan Kinerja

Dengan menerapkan gaya hidup sehat, kita akan selalu berolahraga setiap hari, manjaga pola makan dan asupan makan dengan baik, serta menjaga agar tidur dalam waktu yang tepat. Dengan banyaknya aktivitas gaya hidup sehat yang kita lakukan, maka akan lebih mudah pula untuk mengatur waktu tidur dan kita tidak akan mengalami gejala insomnia.


   2. Meningkatkan Fokus

Tidak hanya membangun sikap disiplin diri saja, dengan melakukan pola hidup sehat akan membantu kita meningkatkan fokus. Hal ini karena dalam melakukan gaya hidup sehat kita akan dituntut selalu fokus dan cermat terhadap segala hal yang anda lakukan.

   3. Meningkatkan Daya Ingat

Memiliki ingatan yang baik merupakan salah satu hal terpenting yang harus dimiliki, terutama bagi yang ingin membangun hidup menuju yang lebih baik. Lupa akan sesuatu juga bisa saja membahayakan kita sewaktu- waktu. Dengan melakukan gaya hidup sehat, maka kita akan mengatur pola makan serta asupan yang baik dan bergizi sehingga mendukung peningkatan daya ingat. 

   4. Selalu Fit

Tubuh akan merasa lebih sehat dibandingkan sebelumnya ketika belum menerapkan gaya hidup sehat. Agar tubuh kita selalu fit maka kita perlu menjaga kesehatan setiap hari.

   5. Lebih Percaya Diri

Ketika kita melakukan gaya hidup sehat, tidak hanya akan berdampak pada kesehatan saja tetapi juga berdampak pada bentuk tubuh. Dengan bentuk tubuh yang indah maka kita akan selalu tampil lebih percaya diri setiap harinya.


Tips Gaya Hidup Sehat

Ada beberapa tips untuk menciptakan gaya hidup sehat di zaman modern ini antara lain :
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat, makanan yang masuk ke tubuh harus memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna.
  • Teknik pengolahan makanan dapat mempengaruhi mutu makanan, pilihlah makanan dengan metode memasak dikukus, direbus atau ditumis dengan sedikit minyak.
  • Konsumsi jus buah dan jus sayuran juga baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.
  • Perbanyak minum air mineral, hindari minuman yang beralkohol, bersoda, minuman yang banyak mengandung gula dan kafein tinggi.
  • Olahraga yang teratur, penelitian menyatakan bahwa olahraga secara teratur 3x seminggu selama 40 menit dapat membuat tubuh aktif memproduksi endorphin untuk mempercepat penyembuhan, pemulihan dan daya tahan tubuh.
  • Istirahat yang cukup dengan kualitas tidur yang baik, usahakan tidur tidak terlalu larut agar organ tubuh dapat bekerja sebagaimana mestinya pada waktu tidur di malam hari dan bangun di pagi hari tidak terlambat.
Bagaimana? Sangat mudah bukan melakukan gaya hidup sehat di era modern seperti sekarang ini? Tentu tidak hanya butuh teori dan pembelajaran saja, namun gaya hidup sehat di era modern ini akan membutuhkan praktek, niat, serta keinginan yang kuat agar dapat menjadi sebuah rutinitas yang sehat.

Mari sembuhkan Indonesia dengan menerapkan gaya hidup sehat dan teruslah berbagi kepada sesama makhluk hidup. Karena dengan begitu, kita akan mendapatkan sebuah kebahagian tersendiri ketika kita telah melakukan hal tersebut.

#GayaHidupSehat
#MariSembuhkanIndonesia
#SEMBUTOPIA

1 Response to "Bergaya Hidup Sehat di Era Modern"

  1. bener banget gan, gaya hidup sehat memang perlu diterapkan oleh generasi muda kekinian hehehe

    ReplyDelete