-->

Install Gnome Desktop Pada Ubuntu 14.04

Ingin menginstall Gnome Desktop pada Ubuntu yang kalian gunakan ? Tapi belum tau gimana caranya ? Sebelum kalian menginstall Desktop Environment Gnome, alangkah baiknya jika kalian dapat mengetahui terlebih dahulu apa itu GNOME 0.o ? Langsung aja mampir ke SINI.

Dalam menginstall Desktop Environment kalian harus terkoneksi dengan Internet. Penggunaan sistem operasi linux memang membutuhkan full koneksi internet ataupun tidak menggunakan koneksi internet, di artikel kali kita akan menginstall packet dengan syarat harus terkoneksi internet.


Sebelum lanjut ke installasi DE, mari kita lihat perbedaan dari GNOME Shell dan Gnome Desktop. Ubuntu yang saya pakai disini Ubuntu 14.04 32bit.


 

Perbedaan GNOME Shell dan Gnome Desktop

GNOME Shell merupakan desktop environment yang lebih simple dari GNOME Desktop. Anggap saja GNOME Desktop memiliki tampilan yang lebih memukau dibanding GNOME Shell. Dan jika kalian ingin masih bingung pilih yang mana..., saya sarankan untuk menginstall GNOME Shell, karena mudah digunakan dan dihapus dengan mudah.

Install GNOME pada Ubuntu 14.04

Secara default, repositori GNOME sudah terdapat pada Ubuntu. Yang perlu dilakukan sekarang adalah membuka terminal (CTRL +ALT+T) dan ketikan perintah berikut : 

sudo apt-get install gnome-shell

Dan untuk menginstall GNOME Desktop, ketikan perintah :

sudo apt-get install ubuntu-gnome-desktop

Setelah itu pilih LightDM pada saat installasi, gunakan TAB untuk pindah dan ENTER untuk memilih.


Menggunakan GNOME di Ubuntu 14.04

Setelah installasi selesai, kalian harus Log Out terlebih dahulu. Setelah itu klik icon Ubuntu disamping field login kemudian pilih GNOME.


Dan..... tampilannya seperti berikut :



Menghapus GNOME dari Ubuntu 14.04

Jika kalian tidak suka atau bosan dengan GNOME, kalian bisa mengganti desktop environment atau menghapus GNOME. Cara untuk dapat menghapus GNOME Shell, dengan mengetikan perintah :

sudo apt-get remove gnome-shell

dan untuk menghapus GNOME Desktop :

sudo apt-get remove ubuntu-gnome-desktop

Itulah cara untuk menginstall, mengganti dan menghapus DE GNOME. Jika ada pertanyaan, tanya aja gan nda usah sungakan. Jika kalian ingin menginstall desktop environment yang lain, kalian bisa install DE Cinnamon, KDE, MATE, dan lain sebagainya.

0 Response to "Install Gnome Desktop Pada Ubuntu 14.04"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel