-->

Cornell Notes, Teknik Mencatat Teks

Mencatat merupakan hal yang tidak bisa ditinggalkan dari kehidupan kita baik mulai dari kita anak-anak bahkan hingga tua. Teknik mencatat setiap orang pun berbeda-beda, ada yang menggunakan pensil atau pulpen dengan warna yang berbeda atau dengan cara mendekor tulisanya. Nah kali ini saya akan membahas tentang teknik mencatat yang telah lama diciptakan yaitu metode Cornell Note Taking.

Apa itu Cornell Note Taking ?

Cornell Note Taking sebenarnya merupakan salah satu metode dalam mencatat pelajaran dikelas. Selain teknik ini, masih ada banyak lagi teknik lainnya yang umum digunakan. Namun banyak orang yang merekomendasikan untuk menggunakan cara ini untuk mencatat.

Metode mencatat ini sudah diciptakan sejak tahun 1950-an oleh Walter Pauk yang merupakan profesor bidang pendidikan di Cornell University. Metode ini diusulkanya dalam sebuah buku best seller yang berjudul How to Study in College.

Bagaimana Cara Penulisan dengan Metode Cornell Note Taking ?

Untuk caranya, pertama Anda siapkan dulu buku atau kertas catatan kemudian buat garis sehingga terbagi menjadi 3 bagian seperti pada gambar.


Cornell Note Taking teknik menulis
Ada beberapa penjelasan tambahan mengenai bagian-bagian yang telah dibuat tadi :
  • Kolom di sisi kanan, merupakan area utama Anda mencatat selama berada di kelas ketika teman atau pengajar lagi mengajar. Jangan menulis mentah mentah semua yang diucapakan sama pengajar. Coba buatlah dengan kalimat sendiri. Anda juga bisa membaginya ke dalam poin-poin. Gunakan juga simbol untuk istilah istilah tertentu. Jangan lupa, untuk memberikan spasi antara satu topik dengan topik yang lainnya.
  • Kolom di sisi kiri, bisa Anda isi dengan kata kunci atau clue atau pertanyaan yang terjawab pada kolom di sisi kanan. Kolom ini akan memudahkan Anda untuk mempersiapkan diri dalam ujian. 
  • Kolom paling bawah, di isi dengan kesimpulan dari pelajaran hari itu juga.
Anda bisa mencari template yang sudah cari di internet jika Anda malas untuk membuatnya. Cari dengan keyword "Cornell Note Taking Template". Untuk contoh catatan yang sudah jadi : 


Penulisan Cornell Note Taking

Penulisan Cornell Note Taking


Anda juga bisa memberika dekorasi atau menggunakan alat tulis dengan warna yang berbeda sebagai penanda. Lalu kenapa kita harus mencoba metode ini ? Banyak universitas yang merekomendasikan menggunakan metode ini. Selain itu, kelebihan dari mencatat dengan metode ini yaitu Anda bisa lebih mudah untuk belajar dan mengingat pelajaran yang telah diajarkan oleh pengajar (ribet amat dah). Intinya biar siap ujian.

0 Response to "Cornell Notes, Teknik Mencatat Teks"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel