-->

Alasan Mengapa Kita Harus Menggunakan Linux

Di Indonesia kebanyakan orang memakai Windows sebagai sistem operasi yang digunakan sehari-hari untuk bekerja. Namun, masih banyak orang yang tidak bisa membeli lisensi Windows karena harganya yang terlampau mahal. Alih-alih menggunakan Windows dengan cara membajak (cracking) sehingga bisa digunakan sepuasnya. Kegiatan cracking di Indonesia sudah menjadi hal yang biasa dan wajar. Meski begitu, bukan berarti tindakan membajak itu dibenarkan. Dilihat dari sisi mana pun tidak ada alasan yang cukup bijak untuk membenarkan pembajakan.

Pola pikir membajak adalah hal wajar, sebenarnya didapat dari pengalaman hidup seseorang yang dimulai dari masa awal mengenal komputer sampai dengan mempelajarinya. Salah satu tempat kita mendapatkan pelajaran komputer yaitu sekolah. Di sekolah inilah pola pikir kita terbentuk. Seperti yang kita ketahui, siswa diajarkan untuk belajar menggunakan produk yang tidak berlisensi. Dari sini kemudian pola pikir siswa terbangun bahwa tindakan membajak itu adalah hal wajar. Hal ini terjadi karena sekolah belum mampu untuk menggunakan produk originial dengan alasan keuangan. Harga software yang terlalu mahal memaksa pihak sekolah untuk membajak agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan.

Di Indonesia kebanyakan orang memakai Windows sebagai sistem operasi yang digunakan sehari-hari untuk bekerja. Namun, masih banyak orang yang tidak bisa membeli lisensi Windows karena harganya yang terlampau mahal. Alih-alih menggunakan Windows dengan cara membajak (cracking) sehingga bisa digunakan sepuasnya. Kegiatan cracking di Indonesia sudah menjadi hal yang biasa dan wajar. Meski begitu, bukan berarti tindakan membajak itu dibenarkan. Dilihat dari sisi mana pun tidak ada alasan yang cukup bijak untuk membenarkan pembajakan.

Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan cara mengganti software berlisensi dengan software yang gratis dan open source seperti Linux. Linux merupakan kernel yang kemudian dikembangkan oleh banyak komunitas sehingga memunculkan berbagai macam distro. Dengan menggunakan Linux, kita dapat bebas menggunakan, memodifikasi, mengembangkan dan mendistribusikannya. Tidak heran, banyak sekali distro yang sekarang bertebaran.

Open source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Jadi semua orang bebas untuk memanfaatkan source code yang ada sesuai kebutuhan.
Selain itu Linux telah menjadi salah satu sistem yang banyak diadopsi oleh banyak pengguna di seluruh dunia, bahkan perusahaan besar ternama yang kita kenal seperti Google, Facebook, dan yang sejajarnya menggunakan Linux sebagai servernya. Lalu mengapa sekarang Linux begitu populer sehingga banyak yang menggunakannya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak dulu beberapa alasannya :

1. Linux Free Software

Kita bisa memakai Linux tanpa membayar uang sepeser pun, sehingga cocok bagi yang ingin menggunakan software gratis namun powerfull. Kita juga bisa mengkonfigurasi source code nya tanpa ada batasan. Oleh karena itulah mengapa Linux banyak di pakai oleh banyak komunitas untuk mengembangkan software dengan mudah.

2. Linux Lebih Aman Dibanding Server Lainnya

Linux dapat menjadi sebuah server yang dapat diandalkan keamanan maksimal. Jika terdapat masalah, komunitas pengguna Linux siap membantu melalui forum yang tersedia di Internet. Selain itu juga ada pembaruan keamanan kernel dan patch. Dalam hal ini, kita tidak perlu lagi menggunakan anti virus di Linux.

3. Memiliki Kompatibilitas yang Luas Untuk Hardware

Sebagian besar sistem operasi Windows memiliki masalah dengan hardware seperti penggunaan RAM minimal 2GB agar sistem beroperasi dengan baik, perlu menginstall driver lagi agar hardware dapat bekerja. Namun tidak dengan Linux. Linux dapat berjalan dengan kapasitas memori yang kecil sekalipun. Selain itu kita tidak perlu lagi menginstall driver seperti driver Wireless, Sound card dll. Sehingga kalian tidak perlu lagi mencari kesana kemari hanya untuk mencari driver hardware. Ga percaya? Di coba aja dulu.

4. Mudah Digunakan

Kita tidak perlu mengikuti kursus yang mahal atau pelatihan intensif untuk menggunakan Linux. Kita hanya perlu mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan penyelesaian masalah yang dihadapai dengan bantuan dari buku atau komunitas pengguna Linux.

5. Proses Update Mudah

Kalau di Windows, setelah update maka sistem perlu di restart kemudian nunggu lama lagi setelah booting. Tetapi di Linux, kita hanya perlu melakukannya sekali saja melalui terminal dan tanpa me-restart sistem.

6. Kecepatan

Linux terkenal juga karena performanya yang tidak makan memori banyak sehingga jauh lebih cepat dibandingkan sistem operasi lainnya seperti Windows. Seperti misalnya kita memainkan game secara terus menerus di Windows pasti sistem akan menjadi lebih lambat selama beberapa hari kedepan. Hal ini sudah saya buktikan dan hasilnya sangat buruk. Namun tidak dengan Linux.

7. Dukungan Komunitas

Hal ini menjadi salah satu alasan terbaik mengapa Linux menjadi sangat populer. Kita bisa berbagi pengalaman, bertanya dan mencari solusi masalah yang dihadapi sesama pengguna Linux.

8. Pengelola Kata Powerfull

Jika di Windows ada Microsoft Office, di Linux ada Libre Office. Aplikasi ini merupakan pengelola kata, perbedaannya terdapat di lisensi. Kita bisa menggunakan Libre Office secara gratis dan bisa membuka dokumen yang berasal dari Microsoft Word.

9. Banyak Tools Gratis

Kita bisa mendapatkan banyak tools / aplikasi gratis berbasis open source bahkan hingga ribuan yang terdapat di repositori. Daripada pakai aplikasi berlisensi, mending pakai yang gratis.

Sistem operasi Linux bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin memakai sistem operasi gratis dan open source. Memang bagi orang yang masih awam dengan Linux akan lebih sulit memahami bagaimana cara pemakaiannya, jadi butuh proses jika ingin menggunakan Linux, mungkin butuh waktu untuk menyesuaikan dan ketika memang ingin bertahan di Windows, mungkin tetap harus merencanakan bahwa suatu saat kita memiliki Windows dengan semua aplikasi didalamnya adalah tidak bajakan. Salah satu alasan lain mengapa kalian harus pindah ke Linux selain lisensi Windows yang mahal, yaitu untuk berjaga-jaga siapa tahu kalau kalian keluar negeri atau di perusahaan ada pemeriksaan aplikasi berlisensi.

0 Response to "Alasan Mengapa Kita Harus Menggunakan Linux"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel