-->

Steganografi: Cara Menyembunyikan Data Penting Dalam Gambar atau Audio

Apa itu Steganografi ?

Steganografi adalah seni menyembunyikan sebuah file penting ke dalam sebuah file gambar maupun audio. Di artikel kali ini kita akan menggunakan Steghide, tool ini digunakan di Linux. Dengan tool ini, Anda bisa menyembunyikan file dengan cara Anda sendiri, dan type file yang dapat disembunyikan bisa beragam.

Steganografi tidak seperti enkripsi, dimana data hanya disembunyikan saja, ketika data telah disembunyikan dalam gambar maka ketika file tersebut dibuka yang terlihat hanyalah gambar (wadah). Steganography sangat berguna ketika kita ingin mengirim pesan secara rahasia dan isi file tersebut tidak diketahui orang lain selain pengirim dan penerima.

Bagaimana Steganografi Di Implementasikan ? Ada beberapa teknik berbeda untuk menyembunyikan data di dalam file normal. Salah satu yang paling banyak digunakan dan mungkin paling sederhana untuk dipahami adalah teknik LSB (Least Significant Bit).
 

Teknik ini mengubah beberapa bit terakhir dalam byte untuk mengkodekan pesan dalam sesuatu seperti gambar, di mana nilai merah, hijau, dan biru setiap piksel diwakili oleh delapan bit (satu byte) mulai dari 0 hingga 255 dalam desimal atau 00000000 hingga 11111111 dalam biner.

Mengubah dua bit terakhir dalam pixel yang benar-benar merah dari 11111111 ke 11111101 hanya mengubah nilai merahnya dari 255 menjadi 253, dimana ketika kita melihat secara langsung perubahan warna merah hampir tak terlihat tetapi masih memungkinkan kita untuk menyandikan data di dalam gambar.

Steganography teknik digital

Diagram ini menunjukkan dua gambar 4-piksel baik dalam warna dan nilai-nilai biner. Setiap blok biner mewakili nilai dari piksel yang sesuai.

Teknik LSB bekerja dengan baik untuk media file, dimana nilai-nilai byte yang berubah hanya menciptakan sedikit perubahan yang tidak terlihat, tetapi tidak begitu bagus jika pesan yang disembunyikan berupa teks ASCII. Dimana jika bit tunggal tidak pada tempatnya maka akan benar-benar mengubah karakter ASCII. Teknik LSB bisa dideteksi dengan mudah jika seseorang ingin mencarinya.

Dengan alasan tersebut, terdapat sejumlah teknik steganografi lain diluar sana, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Adapun salah satu teknik lain yaitu teknik koefisien transformasi kosinus diskrit, yang sedikit mengubah koefisien gelombang kosinus yang digunakan untuk merekrontruksi citra JPEG.

Menggunakan Steganografi Secara Efektif

Mengingat bahwa teknik steganografi digital tertentu lebih baik daripada teknik lainnya, umumnya, lebih baik menghindari teknik LSB dan mencari sesuatu yang sedikit lebih canggih. Bahkan, merancang algoritma steganografi Anda sendiri, Anda tidak terlalu sulit jika Anda sudah memiliki dasar pengkodean dan matematika yang bagus. Tetapi untuk merasakan bagaimana steganografi bekerja, LSB, dengan menggunakan Steghide, akan bekerja baik-baik saja.

Dua hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah enkripsi dan kompresi. Enkripsi data sebelum embedding itu menambahkan lapisan keamanan ekstra sementara untuk mengompresi data jelas akan memungkinkan Anda untuk memapatkan data ke ke file cover Anda. Skema enkripsi dan kompresi dapat dimasukkan sebagai parameter opsional di Steghide. 


1. Menyembunyikan Data Ke Dalam Sebuah File

Penggunaan Steghide sendiri cukup mudah, pertama Anda harus menginstall Steghide melalui terminal :

sudo apt install steghide

Untuk perintah menyembunyikan file :

steghide embed -ef secretFile -cf coverFile -sf outputFile -z CompressioLevel -e scheme

Keterangan argumen :
  • -ef menyatakan file yang ingin disembunyikan.
  • -cf menyatakan sebuah file sebagai wadah/cover.
  • -sf nama dari output file yang telah jadi.
  • -z menyatakan tingkat kompresi dari 1 ke 9. Jika Anda tidak ingin mengkompres file, maka cukup berikan argumen -Z.
  • -e menyatakan tipe enkripsi yang digunakan. Steghide mendukung banyak enkripsi, dan jika argumen ini diabaikan maka secara default steghide akan menggunakan enkripsi AES 128-bit. Jika Anda tidak ingin menggunakan enkripsi, cukup berikan -e none.
Dalam contoh kali ini, saya akan menyembunyikan sebuah teks ke dalam sebuah gambar orang waspada hehe.

steghide embed -ef mytext.txt -cf orang_bengong-0.jpg -e none -Z


 


Setelah perintah berhasil dijalankan, Anda diminta memasukan password. Disini saya memberikan password 12345. Jadi gunanya password disini juga untuk keamanan, ketika Anda mau mengekstrak data maka akan dimintai password.

Hasil dari perubahan
Foto yang kiri sebelum disisipi data, foto yang kanan sesudah disisipi data.
Dari perbandingan foto tersebut perubahan yang telihat tidak terlalu mencolok kan. Anda bisa bedakan sendiri lah, saya aja kesal lihat tuh foto wkwk.


2. Extract Data Yang Tersembunyi di Dalam File

Cara ekstraksi dengan steghide juga cukup mudah. Perintah yang digunakan :

steghide extract -sf stegoFile -xf outputFile

Menyembunyikan data ke dalam gambar dengan steganography

Ketika Anda menjalankan perintah ini, Anda akan dimintai password.Penyembunyian Data di Didalam Gambar Sangat Mudah kan ?

Keuntungan steganografi adalah kalian dapat menyembunyikan data dengan mudah, tetapi jika kalian salah memberikan argument maka file tidak akan bisa disembunyikan. Perubahan pada steganografi sangat susah dideteksi kecuali kalian punya data yang asli.

Dengan menggunakan image search google, inforamsi yang disembunyikan dalam gambar akan sangat mudah sekali untuk dicari. Untuk memastikanya kalian bisa langsung mencoba mencari informasi didalam gambar dengan google image search.

Saya berharap kalian telah paham bagaimana cara sebuah data disembunyikan ke dalam file gambar di artikel ini. Jika ada pertanyaan bisa komen langsung dibawah.

0 Response to "Steganografi: Cara Menyembunyikan Data Penting Dalam Gambar atau Audio"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel