-->

Cara Menampilkan File .pdf di Halaman Web

Disini saya akan menjelaskan 2 cara bagaimana kita bisa membaca file .pdf atau ebook yang terdapat di halaman web secara langsung. Sebenarnya caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan tag kode html tanpa harus memakai plugin jquery tambahan. Tapi sebelum itu pastikan di komputer Anda sudah terinstall pdf reader seperti Adobe Reader atau Foxit Reader dan jangan lupa install juga Flash Player.

Cara Pertama

Kalian bisa menampilkan ebook .pdf 1 halaman penuh pada halaman web. Caranya yaitu tinggal meletakan url file .pdf pada address bar atau melalui klik link (kode html) seperti berikut :

<a href="" target="blank">Stories.pdf</a>

 PDF Preview on Browser

Cara Kedua
Di cara ke dua ini, kita bisa menampilkan langsung file .pdf dalam halaman web yang sama, berdampingan dengan elemen atau markup web lainnya. Jadi tidak 1 halaman penuh ditampilkan. Kita bisa menggunakan 3 tag html yang berbeda yaitu <embed> , <object> , dan <iframe>. Contoh untuk penggunaan <object> :

<object data="/pdf/sample-3pp.pdf#page=2" type="application/pdf" width="100%" height="100%">
   <p><b>Example fallback content</b>: This browser does not support PDFs. Please download the PDF to view it: <a href="/pdf/sample-3pp.pdf">Download PDF</a>.</p>
</object>

Contoh penggunan tag <embed> :

<embed src="/pdf/sample-3pp.pdf#page=2" type="application/pdf" width="100%" height="100%"/>

Contoh penggunaan <iframe> :

<iframe src="/pdf/sample-3pp.pdf#page=2" width="100%" height="100%">
This browser does not support PDFs. Please download the PDF to view it: <a href="/pdf/sample-3pp.pdf">Download PDF</a>
</iframe>

Kalian bisa mencoba dari salah satu 3 tag html diatas agar dapat menampilkan file .pdf di halaman web. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menampilkan File .pdf di Halaman Web"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel