-->

An Introduction to Robotics and Automation

Apa Anda pernah bertanya-tanya apa itu 'Robotika dan Otomatisasi' ? Oke, mari kita bahas apa itu ‘Robotika’ dan ‘Otomatisasi’.

Apa sih itu Robotika ?


"Robotika", sebuah kata yang keren ya ? Ya, itu cukup keren ... bukan karena namanya, tetapi karena Anda membuat dan bergelut dengan barang keren di sini, seperti robot. Oke, izinkan saya bertanya satu pertanyaan. Apa yang muncul di benak Anda setelah mendengar kata 'robot'? Apakah itu sesuatu ...
  • Yang melakukan tugas tertentu
  • Yang patuh terhadap Anda
  • Yang dapat melakukan hal-hal yang manusia tidak bisa lakukan
Atau sesuatu tersebut seperti ini . . .


 Atau ini . . .


Atau juga seperti ini . . .


Jadi, banyak dari Anda memiliki kesalahpahaman bahwa robot adalah mesin besar seperti yang ditampilkan dalam film seperti Transformers, dll. Maaf mengecewakan Anda semua, tetapi saya ingin mengklarifikasi bahwa tidak ada robot yang pernah dibuat secara praktis. Robot yang memiliki bentuk seperti manusia disebut humanoids. Penelitian dan pengembangan sedang dilakukan di bidang ini. Sampai sekarang, tidak ada satu pun humanoid sempurna yang dibuat. 

Sekarang, dalam gambar yang ditunjukkan di atas, Anda dapat melihat beberapa mobil, tank, dan kendaraan yang bergerak. Ya, mereka adalah robot. Anda juga bisa melihat ikan. Untuk informasi, ini adalah ikan mekanik (buatan) yang telah dikembangkan oleh para insinyur. Ya, itu robot. Anda juga dapat melihat beberapa humanoids (salah satunya adalah ASIMO).

Tapi bagaimana dengan gambar-gambar gorila, nyamuk, bakteri, manusia, dll.? Yah, bahkan mereka robot, robot biologis! Oke, jadi sekarang, bisakah Anda mendefinisikan robot? Pikirkan dengan keras dan cobalah untuk mendapatkan jawaban unik Anda sendiri. By the way, ada banyak definisi robot, yang paling sederhana sebagai berikut :

"Setiap hal yang memiliki setidaknya satu derajat kebebasan disebut robot"

Bingung mengenai derajat kebebasan? Nah, Anda harus tahu. Degree Of Freedom (DOF) mewakili arah di mana robot dapat membuat gerakan. Katakanlah, satu DOF berarti bahwa robot hanya memiliki satu bagian yang dapat dipindah dan dapat bergerak hanya dalam satu arah. Dua DOF berarti robot bebas untuk memindahkan bagian-bagiannya dalam dua arah yang berbeda. Misalnya, lengan robotik berikut memiliki 3 DOF sebagaimana ditandai. Harap dicatat bahwa semua tiga derajat kebebasan adalah rotasi, bukan translasi. 

Jadi, ini membuktikan bahwa setiap foto yang ditampilkan di atas adalah robot! Yakin? Jika tidak, silakan beri komentar di bawah ini sehingga saya dapat meyakinkan Anda. Dan yang mengejutkan, ada juga hukum yang mengatur robotika! The Three Laws of Robotics :
  • A robot may not injure a human being or, through inaction, allow a human being to come to harm.
  • A robot must obey any orders given to it by human beings, except where such orders would conflict with the First Law.
  • A robot must protect its own existence as long as such protection does not conflict with the First or Second Law
Intinya yaitu pertama robot tidak dapat menciderai manusia, dan memungkinkan manusia ikut celaka, kedua robot harus mematuhi perintah apapun yang diberikan manusia kecuali perintah tersebut bertentangan dengan Hukum Pertama, dan ketiga robot harus melindungi keberadaanya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan Hukum Pertama atau Kedua.

Apa Sebenarnya Otomasi ?

Anda pasti sudah mendengar kata Automatic. Apa artinya? Dengan kata sederhana, perangkat otomatis berarti dapat bekerja dengan minimal atau tanpa campur tangan manusia. Demikian pula, Otomasi berarti tindakan menerapkan kontrol peralatan dengan teknologi canggih; biasanya melibatkan perangkat keras elektronik dan peralatan robotik. Moto utama otomatisasi adalah mengurangi kerja manusia. Otomasi Ini adalah hasil dari berbagai aplikasi robotika.

Pengaplikasian Robotika dan Otomasi

Robotika dan otomatisasi memainkan peran utama di berbagai seperti di luar angkasa, rumah, pertanian, industri, rumah sakit, pertahanan dll. Baik itu untuk tujuan penelitian dan eksplorasi, pendidikan, hiburan atau mitigasi bencana, otomatisasi sangatlah penting. Contoh berikut akan memperjelas lebih banyak lagi :
  • Rumah yang cerdas yaitu sistem otomasi rumah menjadi populer dari hari ke hari 
  • Lengan manipulatif dikendalikan oleh manusia
  • Kendaraan tanpa awak (drone) untuk pertahanan dan eksplorasi
  • Pemanen tumbuhan otomatis dan pemerah susu otomatis
  • Proses pembuatan mobil
  • Industri pengolahan makanan dan industri pengemasan
  • Pakaian robot untuk perawat
  • Robot pembantu operasi
  • Robot interaktif yang menunjukkan perilaku dan kemampuan belajar
Jadi, saya kira Anda sudah mendapat ide bagus tentang robot dan otomasi. Kami akan mulai dengan robotika dan kemudian bergerak menuju otomatisasi. Jika Anda telah membaca posting ini, masukkan komentar di bawah ini. Baik atau buruk, saya akan senang melihat mereka. Thank guys :)

0 Response to "An Introduction to Robotics and Automation"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel