-->

How to Install Packet Tracer 7.1 in Linux


Halo guys,

Salah satu tool yang paling umum untuk network engineer adalah Packet Tracer dari Cisco Networks. Anda seharusnya tidak memiliki masalah jika tool ini di install di OS Windows, tapi bagaimana jika diinstall di Linux ?
 
Sayangnya Packet Tracer membutuhkan banyak dependensi dan tidak menutup kemungkinan sebagian besar panduan yang ada di internet tidak berguna sama sekali. Dengan mengikuti panduan berikut, Anda akan lebih mudah menginstall Packet Tracer dengan mudah.

Pertama-tama hal yang harus Anda lakukan yaitu login ke Netacad dan download Packet Tracer 7.1 (last version). Anda bisa mendownloadnya secara gratis melalui Netacad. Berikut link download :
https://www.netacad.com/courses/packet-tracer-download/
Setelah itu extract file tersebut kemudian buka folder yang telah di extract.


Tekan saja enter jika diminta masukan (set default). Accept EULA terms dan follow pada instruksi. Kemudian pindah ke folder /opt/pt/ .


Dan selesai .... simpel bukan ? Untuk menjalankan Packet Tracer, ketikan perintah pada terminal.


Loh, kenapa ga bisa dibuka ? Kita coba buka folder /opt/pt/bin. Pada cara ini file yang didalam folder tersebut tetap tidak dapat berjalan. Contohnya seperti berikut : 


Terdapat library yang ga bisa dijalankan. So, Anda cukup hanya cukup menginstall package qtmultimedia5-dev. Ketikan perintah berikut di terminal . . .

sudo apt install qtmultimedia5-dev

Kemudian Anda bisa membuka lagi file PacketTracer7 yang ada di folder /opt/pt/bin. Dan tadaa, Packet Tracer bisa berjalan. Agar lebih cepat untuk menjalankan Packet Tracer, ketikan perintah :

sudo ln -s /opt/pt/bin/Packettracer7 /usr/local/bin/ptrun



Saya kira panduan ini bisa membantu permasalahan Anda dalam installasi Packet Tracer 7.1, jika ada pertanyaan bisa mengirimkan email atau komentar saja dibawah. Thanks guys :)

0 Response to "How to Install Packet Tracer 7.1 in Linux"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel