Google dan Facebook Memiliki Data Penting - Open Source Lab -->

Google dan Facebook Memiliki Data Penting

Google Privacy - Di abad ke-21 ini sudah banyak orang yang menggunakan sosial media dan menjadi bagian hidupnya. Kita pun pasti tidak akan pernah terlepas dari yang namanya media social baik itu Facebook, Instagram, Google dan lain-lain. Baru-baru ini beredar berita bahwa Google dan Facebook menyimpan data-data penting yang mungkin bisa saja bocor ke orang lain. Mau tau data apa saja yang bisa ? Berikut penjelasanya. 

Google and Facebook Data

Google Tau Dimana Kamu Berada

Di setiap hp Android atau Iphone yang kamu punya pasti memiliki gps sehingga kamu bisa mengetahui lokasi kamu dimana sekarang. Google menyimpan histori track kamu setiap saat pada saat gps itu aktif. kamu bisa cek langsung di Google Maps

Google Tau Kamu Buka Website Apa Saja

Ketika kamu ingin mencari sebuah website di Google, maka secara tidak langsung Google akan menyimpan data apa saja yang kamu cari bahkan sudah terintegrasi dengan semua perangkat canggih yang kamu punya. Bahkan jika histori pencarian sudah didelete, datanya masih akan terus tersimpan. Pantas saja di Tiongkok memblokir Google. Untuk mengeceknya lihat di Google Activity.

Google Membuat Iklan Berdasarkan Profilmu 

Google membuat iklan berdasarkan informasi lokasi, jenis kelamin, hobi, karir, ketertarikan, status hubungan, penghasilan, bahkan tinggi dan berat badanmu. Data ini juga yang dipakai pengiklan digital agar penasaran produknya tepat sasaran. Kalian bisa langsung lihat di Google Ads. Bukan Google Adsense ya.

Google Tahu Aplikasi Apa Saja Yang Kamu Install

Google bisa tahu seberapa sering kamu memakai aplikasi tersebut, dimana kamu menggunakannya, dan dengan siapa kamu berinteraksi melalui aplikasi tersebut. Artinya, dengan siapa kamu ngobrol di Facebook, dengan orang dari negara mana kamu ngobrol bahkan bisa tahu jam tidurmu. Ngeri – ngeri sedap kan? Dan barusan ane cek, akses data informasi dari aplikasi games pun bisa diolah dong. Cek aja sendiri di Google Account.

Google Tahu Apa Yang Kamu Cari di Youtube

Semua data yang ada di histori Youtube kamu akan disimpan di Google. Jadi mereka bisa tahu apakah kamu akan segera menjadi orang tua, kamu konservatif, progresif, agamamu apa, kamu merasa depresi, ingin bunuh diri. Kalian bisa cek sendiri di histori Youtube.

Mau Tau Seperti Apa Datamu Yang Disimpan Google ?

Google menawarkan pilihan untuk mengunduh semua data yang mereka simpan tentang mu. Data-data ini bisa diunduh dalam bentuk file word dan ukurannya besar sekitar 5,5 GB, yaaaaah kira-kira 3 m dokumen Word. Dari mana datanya? Yah seperti yang sudah di jelaskan di atas. Termasuk juga bookmark, email, file Google Drive, video YouTube, foto dari ponselmu, bisnis yang kamu beli, produk yang kamu beli, kalender, riwayat lokasi, situs web yang kamu buat, ponsel yang pernah dipunya, page atau tulisan yang pernah di share, hingga berapa langkah yang kamu lalui dalam satu hari. Jadi, kalau mau punya akses data orang, sudah guampang banget yak. Untuk mengecek nya, kamu bisa lihat di Google Takeout

Bagaimana Dengan Facebook ?

Facebook juga memberi piihan untuk mendownload semua data dan informasimu. Ini semua termasuk tiap pesan yang pernah kamu kirim, FB Messenger, file yang kamu kirim, kontak dari ponselmu dan audio yang pernah kamu kirim. Parahnya, Facebook bisa akses webcam dan mikroponmu. Data yang mereka kumpulkan juga termasuk dimana kamu berada, aplikasi yang kamu install dan dimana serta buat apa kamu makenya. Facebook juga bisa akses email, kalender, games yang kamu pake, fotom video, music, histori pencarian dan radio yang kamu denger. Cek aja dimari - Facebook Help

Disetiap kebaikan pasti juga ada keburukan. Ya begitulah manusia tidak ada yang sempurna, tetapi kita bisa mengambil hikmah dan kebaikanya saja dan hal buruknya jangan diambil. Jadi intinya kita lebih bijak lagi dalam menggunakan sosial media karena dari situ orang lain bisa tau diri kita seperti apa.

0 Response to "Google dan Facebook Memiliki Data Penting"

Post a Comment