-->

How To Speed Up Your Ubuntu Desktop Performance

Speed Up Your Ubuntu Desktop Performance

Ubuntu merupakan sistem operasi dengan perfomasi yang sangat luar biasa dan cepat pada laptop atau PC modern di masa sekarang. Tetapi setelah beberapa setelah menginstal Ubuntu, kalian mungkin memerhatikan dan merasa bahwa kinerjanya melambat. Hal ini mungkin terjadi karena berbagai alasan. Bisa saja dikarenakan aplikasi pada startup, Compiz Effects dan lain sebagainya.

Namun bagaimana caranya agar performasi Ubuntu ditingkatkan atau agar lebih cepat ? Berikut beberapa tips agar performasi sistem dapat ditingkatkan dan lebih smooth.

Tips To Speed Up Ubuntu Desktop Performance

1. Manage Startup Applications

Banyak aplikasi startup membutuhkan sumber daya besar saat sistem boot, dan itu membuat sistem menjadi lambat dan memberikan kinerja yang buruk. Jadi di desktop Ubuntu, lebih baik mengelola aplikasi startup pada level terbaik. Ada banyak aplikasi seperti manajer Bluetooth, klien email, klien jarak jauh, asisten visual, dll yang mungkin tidak diperlukan selama startup.
Unity Dash >> Search for Startup >>Add/Remove/Edit

2. Install Preload

Preload merupakan tool yang berguna dan berjalan di latar belakang sistem juga memiliki kecerdasan buatan untuk memahami perilaku pengguna sistem. Ini cara memuat aplikasi sangat cepat tergantung pada seberapa sering pengguna menggunakan aplikasi. Ketikan perintah berikut pada terminal Ubuntu.

sudo apt-get install preload

3. “Lower” The Compiz Effects

Untuk mempercepat sistem Ubuntu secara signifikan, kalian harus meminimalkan penggunaan efek Compiz. Ada banyak efek Compiz yang dimuat secara default, yang membuat sistem Ubuntu menjadi lambat. Jadi cobalah untuk menonaktifkan beberapa efek Compiz untuk mempercepat Ubuntu Desktop kalian.

sudo apt-get install compizconfig-settings-manager

4. Create a Swap partition

Jika kalian memiliki ukuran memory RAM yang kecil, maka wajib membuat partisi swap pada saat installasi Ubuntu. Ukuran normal partisi swap yaitu 2x dari ukurun RAM yang kalian pakai. Misalkan kalian memakai 2 GB RAM maka besar ukuran partisi swap 4 GB.

Partisi ini akan menggunakan HDD sebagai RAM untuk mempercepat proses sistem latar belakang. Tetapi jika kalian telah memakai 4 GB RAM, maka partisi swap tidak diperlukan.

5. Remove Undesired Search Results (Only For Unity Version)

Meskipun secara default Ubuntu tidak menyertakan Lens, Scopes, atau pencarian online Amazon tetapi pada versi lama, ini akan menampilkan semuanya ke dalam dash Unity. Jadi hilangkan dari dash Unity dengan cara . . .
Unity Dash >> Ubuntu Tweak Tool >> Search -> System Setting >> Security & Privacy

Di sini kalian akan menemukan semua informasi tentang file, aplikasi, pencarian, diagnostik, dan keamanan. Jadi lakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan kalian. Selain itu, jika kalian sudah menginstal Ubuntu Tweak Tool, maka kalian akan mendapatkan lebih banyak kontrol pada pengaturan privasi kalian. Untuk menginstal Ubuntu Tweak Tool . . .
sudo apt install unity-tweak-tool

6. Reduce The Default Grub Load Time

Saat laptop booting, Grub menunjukkan opsi OS booting ganda atau pemulihan untuk dipilih. Biasanya pengguna mendapat waktu 10 detik untuk memilih. Itu berarti pengguna harus menunggu hingga 10 detik atau memilih OS yang akan digunakan dengan menekan enter.
Jadi, lebih baik mengurangi waktu jeda Grub, tetapi jangan sampai 0 detik juga guys. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut . . .

sudo gedit /etc/default/grub

Ubah GRUB_TIMEOUT = 10 menjadi GRUB_TIMEOUT = 2. Ini akan membuat waktu jeda Grub menjadi 2 detik. Setelah itu untuk membuat perubahan efektif, jalankan perintah berikut . . .

sudo update-grub

7. Choose The Best Mirror For Software Updates

Jika kalian memiliki koneksi internet yang lambat maka prosedur ini diperlukan untuk memilih server terbaik untuk memperbarui sistem Ubuntu.

Application Drawer >> Search for Software & Update >>Ubuntu Software Tab >>Select Best Server ( Download From Tab )

Sistem akan memulai tes untuk mengetahui server mana yang dekat dengan kalian sehingga mendapatkan file pembaruan lebih cepat ke dalam sistem kalian selama pembaruan dan pembaruan perangkat lunak. Ini pasti akan mempercepat sistem Ubuntu dengan semua perbaikan bug keamanan baru dan menginstal semua driver yang hilang yang diperlukan.

8. Reduce Overheating

Masalah overheating sangat umum terjadi pada laptop. Ini membuat laptop berjalan lambat dan memberikan kinerja yang buruk. Ada tool yang sangat efektif dalam repositori Ubuntu, yang dapat membantu mendinginkan sistem kalian, dan itu akan membuat sistem Ubuntu menjadi lancar dan lebih cepat. Setelah menginstal TLP, kalian tidak perlu melakukan konfigurasi apa pun selain menjalankan perintah.


sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp 
sudo apt-get update 
sudo apt-get install tlp tlp-rdw sudo tlp start


Kalian juga dapat Menginstal Perangkat Mode Laptop yang membantu mengurangi konsumsi daya dengan memperlambat kecepatan Hard disk dan kontrol kernel. Untuk menginstalnya jalankan perintah berikut . . .

sudo add-apt-repository ppa:ubuntuhandbook1/apps 
sudo apt-get update 
sudo apt-get install laptop-mode-tools 
gksu lmt-config-gui 

 

9. Clean up Ubuntu

Pertama-tama, saya suka fokus pada perintah apt . Perintah ini adalah perintah paling kuat di UNIX / Linux Terminal, yang memungkinkan kalian bisa melakukan hampir semua hal tentang instal perangkat lunak, uninstall, dll. Sebelum melakukan apa pun, ini membuat cache di HDD Anda yang terdiri dari semua data yang diunduh. Jadi semakin besar dan besar setelah waktu tertentu dan membuat sistem lambat dan lamban. Untuk menghapus semua cache tersebut dari HDD sistem kalian, jalankan perintah berikut . . .

sudo apt-get clean

Perintah tersebut hanya akan membersihkan cache data pada Hard disk dan tidak menghapus aplikasi yang telah terinstall. Ketika aplikasi diinstal, aplikasi kecil yang terkait lainnya juga diinstal bersamaan. Tetapi jika kalian menghapus aplikasi waktu itu, dependensi atau aplikasi bawaan yang lain tidak akan dihapus. Jadi ini menciptakan file sampah di HDD dan memperlambat sistem. Untuk membersihkan semua paket yang tidak perlu atau "Dependensi" yang tidak diinginkan dari sistem, jalankan perintah . . .

sudo apt-get autoremove

Tips" yang sudah dijelaskan diatas diterapkan pada Ubuntu namun bisa juga diterapkan pada versi Ubuntu yang lainnya seperti Linux Mint, elementary OS, dkk.


0 Response to "How To Speed Up Your Ubuntu Desktop Performance"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel