-->

Amankan Akun Sosmed Kalian Dari Hacker

Serangan hacker di zaman sekarang tidak lagi meminta tebusan berupa uang melainkan tebusan berupa bitcoin. Contohnya yaitu ransomware WannaCry yang meminta pada pemilik komputer yang terinfeksi dengan mentransfer uang sebesar $300 dalam bentuk bitcoin. Selain itu serangan lainnya yang dilakukan hacker bisa dengan melakukan social engineering, yaitu dimana hacker akan meminta informasi seseorang target dengan cara menanyai atau mencari langsung dengan menggunakan program buatannya yang kemudian digunakan untuk pemalsuan data ataupun pencurian akun sosmed. Maka dari itu informasi yang ada di sosmed sebaiknya tidak dicantumkan terlalu lengkap.

Hacker Virus On Windows System

Di artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk melindungi akun sosmed kalian (Facebook, Instagram, Whatsapp, Gmail, dan lainnya). Cara ini bisa juga digunakan pada sistem yang butuh keamanan ketat seperti sistem operasi atau absensi.

1. Gunakan Password yang Kuat dan Susah

Langkah awal adalah dengan membuat password yang kuat dan susah jangan bergantung dengan nama, tanggal lahir, hewan peliharaan, ataupun nama panggilan tapi buatlah password yang kuat yang unik dengan mencampur beberapa karaketer antar text dengan angka. Nih, hal lain yang paling perlu diingat :
  • Buatlah password minimal 8 karakter,jadi buatlah password yang panjang namun tetap mudah anda ingat.
  • Gunakan huruf kapital dalam password.
  • Gunakan spasi dalam pembuatan password(tidak disarankan bagi orang yang mudah lupa).
  • Dan jangan pernah share password ke orang lain dengan alasan apapun itu.

2. Email dan Telepon yang Masih Aktif

Pastikan email atau telepon yang anda gunakan untuk mendaftarkan akun sosmed masih aktif dan jika email dan nomor telepon anda ganti segera ubah email dan no.telepon yang berada di akun sosmed kalian (Instagram,Facebook,Twitter dll). Ini merupakan hal sepele tapi dapat berakibat  fatal jika didiamkan karena jika kita lupa password atau akun sosmed kita di hack dan diganti passwordnya anda masih punya kesempatan untuk mengembalikannya dengan verifikasi.Yaitu dengan  mengirimkan sebuah kode atau tautan link ke email atau no.telepon anda yang terdaftar untuk mengembalikan akun anda.

3. Jangan Terpengaruh Dengan Link

Maksudnya yaitu agar tidak masuk ke web phising yang banyak digunakan hacker zaman sekarang ini. Singkat informasi Phising adalah metode hacking dengan memancing korban ke sebuah website yang mana website tersebut menyuruh anda login ke akun sosmed (FB,IG,TWITTER,DLL) dengan otomatis orang yang terjerat ke website manisnya itu, dengan begitu  password dan email akunnya dengan mudah dilihat. Biasanya pembuat phising melakukan iming iming manis yang bakal membuat kalian tertarik seperti :
  • "Bagi anda yang mau dapat liker gratis silahkan kunjungi web ini" ; 
  • "Ini dia cara mendapatkan love banyak di Ig silahkan klik link berikut"
  • “Anda mau mendaptkan follower instagram dan fb banyak silahkan klik web berikut”;    
Jangan sampai terpengaruh dengan kata kata manis tersebut. Apalagi anda malah mengikuti instruksinya untuk mengklik linknya.

4. Periksa Daftar Perangkat Login

Yap ini adalah langkah awal yang bagus untuk mencegah akun kita di Hack yaitu dengan memeriksa perangkat apa saja yang telah masuk ke anda. Fitur ini sudah tersedia di berbagai sosmed jadi kalian bisa melihat perangkat apa saja yang telah masuk ke akun anda jika di daftar tersebut terdapat perangkat yang masuk tanpa dikenali sebaiknya segera ganti password anda karena secara diam diam hacker bisa saja telah masuk ke akun anda.

Lihatlah juga browser apa saja yang telah melakukan login ke akun anda jika terdapat browser yang tidak dikenal segera ganti password dan perketat keamanan anda.

5. Hati-Hati Dengan Pengirim Email yang Tidak Dikenal

Ini merupakan salah satu metode terlicik phising yaitu mereka berpura pura sebagai admin yang menyuruh kalian untuk masuk lagi ke akun anda karena sedang ada perbaikan masalah. Jangan pernah percaya jika email tersebut bukan benar benar dari pihak admin apalagi yang mengaku ngaku sebagi admin google dan menyuruh anda untuk login kembali ke akun gmail atau google..Itu benar benar licik!.
Biasanya mereka juga menyuruh anda untuk mendownload berkas yang sudah terselip keylogger sehingga mereka bisa mematai akun anda.

6. Jangan Download di Sumber yang Tidak Dipercaya

Banyak sekali tempat situ download aplikasi yang  tidak bertanggung jawab yang sudah menyelipkan sebuah malware ke dalam aplikasinya maka sebaiknya jika mendownload sebuah aplikasi download lah  di situ terpercaya atau langsung download dari perangkat bawaan seperti Plays Store dan lain lain.

7. Update Aplikasi Anda

Ini merupakan hal sepele terkadang kita tidak mengetahui bahwa tujuan sebenernya para development aplikasi melakukan update aplikasi atu softwarenya adalah untuk memperbaiki beberapa bug dan kesalahan kesalahan dalam system. Jadi jika teman kamu bilang kalau mereka mengupdate aplikasi cuman nyari uang itu salah besar tapi mereka melakukannya untuk memperketat sistemnya bersamaan dengan update fiturnya.

8. Scan Virus Secara Berkala

Langkah terakhir yang tidak kalah bermanfaat tentu saja dengan melakukan scanning pada perangkat anda untuk melihat adakah malware yang tersembunyi di perangkat anda atau di computer anda.Jika ada segera hapus saja malware atau virus kampret tersebut.

9. Laporkan Jika Ada Seseorang yang Menurut Anda Menyeberkan Web Phising

Seperti yang saya bilang diatas tadi jika anda sudah tau ciri ciri web phising otu seperti apa jangan sungkan untuk melaporkannya.Fitur ini juga sudah ada di berbagai sosmed dengan "report abose".


10. Menyalakan Fitur Authentikasi Dua Faktor

Fitur ini sudah tersedia di berbagai sosial media yaitu facebook,instagram,dan gmail. Fungsi dari fitur ini adalah jika seseorang selain anda telah mengetahui pasword dan email anda mereka tetap tidak bisa masuk begitu saja melainkan harus memasukan dulu kode autentikasi yang dikirimkan lewat no telepon atau email yang terhubung dengan akun anda. Jadi walaupun mereka sudah mengetahui email dan password mereka tetap tidak bisa masuk begitu saja.

11. Ganti Password Secara Berkala

Ini sebenarnya hanya pencegahan tapi ini merupakan cara terbaik untuk mencegah terjadinya akun terhack yaitu dengan mengganti passowrd anda sebulan atau tiga bulan sekali. Sebelum mengganti pastikan password yang anda buat lebih kuat dari sebelumnya dan anda juga dapat mengingat pasword tersebut.

Itulah beberapa tips dan trick untuk melindungi akun sosmed dan berbagai akun anda dari hacker. Jika kalian masih punya beberapa tips lain kasih tips tersebut di komentar dan jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke orang lain.

0 Response to "Amankan Akun Sosmed Kalian Dari Hacker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel