OS Linux Selain Android Yang Dapat Kalian Install di Smartphone - Open Source Lab -->

OS Linux Selain Android Yang Dapat Kalian Install di Smartphone

Di setiap pekerjaan sekarang ini, banyak orang yang tidak bisa meninggalkan smartphone nya baik itu lagi di rumah, mall, kantor dll. Smartphone sudah menjadi barang yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Bahkan menurut saya smartphone ini telah merevolusi cara kita berinteraksi dengan dunia setiap hari. Bayangkan saja, kita cuma perlu membutuhkan koneksi internet dan smartphone untuk dapat berkomunikasi dengan banyak orang. Padahal zaman dulu ponsel hanya berfungsi untuk membuat dan menerima panggilan dan pesan hanya satu arah saja.

OS Phone with Linux and other OS

Dalam dunia modern ini perubahan terjadi dan terus terjadi bahkan melampaui apa yang ditawarkan pasar dalam hal sistem operasi secara massal, seperti sistem operasi Linux. Saat ini, smartphone yang ada di kantong kita sudah memiliki banyak kegunaan untuk melakukan lebih banyak lagi dibanding ponsel jaman dulu bahkan drastis melampauinya . Sebenarnya, tanpa kita sadari, kita sudah memiliki komputer kecil kita. Berkat iPhone, yang diperkenalkan 10 tahun yang lalu, teknologi multi sentuh telah mampu mengenalkan konsep dan ide baru di pasaran, seperti Apps.

Sejak saat itu, banyak perusahaan yang berlomba-lomba berinvestasi di bidang sistem operasi mobile, memberi ruang bagi munculnya sistem operasi baru seperti iOS, Android, dan banyak lainnya. Tapi masih banyak orang yang berpikir bahwa hanya dua yang terakhir ini yang mampu menyediakan semua alat yang kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tapi jangan khawatir dulu, ada banyak alternatif lain yang sudah tersedia selain Android dan iOS yaitu sistem operasi Linux namun dapat berjalan di smartphone kalian. Lalu apakah itu ?

1. Ubuntu Touch

Jika Anda sudah pernah menggunakan distro Ubuntu, maka pastinya Anda sudah tahu dengan sistem operasi mobile yang disebut Ubuntu Touch. Awalnya dikembangkan oleh Canonical (perusahaan yang mengelola dan memelihara Ubuntu Desktop) tapi sekarang  yang bertanggung jawab adalah Komunitas UBports.

Ubuntu OS for Phone

Ubuntu Touch adalah sistem operasi versi mobile yang sangat aman, sangat memperhatikan privasi pengguna dan mengikuti kebijakan Open Source, dengan begitu semua kode sistem operasi tersedia secara online. Sistem operasi ini juga memiliki fokus yang besar pada manajemen perangkat keras yang efisien, selalu berusaha untuk memastikan kinerja optimal.

Meski tidak didukung oleh semua perangkat, Ubuntu Touch tersedia untuk smartphone yang semakin banyak. Anda bisa melihat lebih banyak lagi di situs UBports.

2. OS Salifish

OS Sailfish dikelola dan dikembangkan oleh Jolla (perusahaan desain dan pengembangan Smartphone) bersama dengan perusahaan yang merupakan bagian dari Aliansi Sailfish dan anggota komunitas Open Source lainnya. Sistem operasi hadir  di Smartphone dan Tablet Jolla. Namun, berkat usaha masyarakat, Sailfish OS ini sudah didukung pada perangkat lainnya.

Salifish OS with linux kernel

Seperti Ubuntu Touch, Sailfish OS juga berbasis Linux. Oleh karena itu, ini adalah sistem operasi yang fleksibel dan tidak memiliki aturan penggunaan yang ketat seperti sistem operasi terkenal lainnya. Selain itu, bagian dari kode yang digunakan adalah Open Source.

Sistem operasi ini memiliki desain yang bagus dan memiliki beberapa detail menarik, yang membantu untuk memiliki pengalaman penggunaan yang menyenangkan. Selain itu, Sailfish OS mendukung beberapa aplikasi Android, salah satu kelebihan dari Sailfish OS dibanding Ubuntu Touch. Seperti halnya sistem operasi Ubuntu Touch, Sailfish OS juga bisa dipasang di perangkat lain yang menjalankan Android. Anda bisa mengunjungi Salifish OS untuk melihat lebih lanjut.

3. Plasma Mobile

Sistem operasi ini merupakan versi alternatif dari Plasma yang berbasis Kubuntu. Sebenarnya, Plasma Mobile telah menjadi perhatian selama beberapa tahun ini karena ditinggalkannya Ubuntu Touch oleh Canonical. Tanpa diragukan lagi, Plasma Mobile bertujuan untuk menjadi alternatif yang lengkap dan "terbuka" terhadap perangkat mobile.

Plasma Mobile OS with KDE Look like

Salah satu fitur yang paling menarik adalah sistem operasi ini mampu menjalankan aplikasi dari Plasma Desktop dan juga dari Ubuntu Touch. Dengan demikian, pengguna memiliki pilihan yang jauh lebih luas. Untuk saat ini, sistem operasi ini bisa dipasang di Nexus 5 / 5X dan perangkat dengan prosesor Intel.

Kelebihan dari sistem operasi ini tentu banyak diantaranya smartphone android Anda akan lebih aman dari sebelumnya karena menggunakan operating sistem berbasis Linux, dan mungkin saja hampir semua hal dapat dilakukan di platform Android.

Kekurangannya, mungkin karena smartphone yang ingin berbasis linux ya perlu proses yang banyak karena ini merupakan awal teknologi baru yang dapat membuat smartphone layaknya sebuah komputer atau PC.

0 Response to "OS Linux Selain Android Yang Dapat Kalian Install di Smartphone"

Post a Comment