-->

Satelit Ini Pernah di Luncurkan oleh Manusia

Satelit merupakan benda langit yang berada di luar angkasa dan secara alamiah berputar mengelilingi planet, contohnya bulan yang merupakan satelit dari planet Bumi. Satelit melayang-layang di udara dan terkadang kita bisa menyaksikannya lewat suatu cahaya. Satelit dibagi menjadi dua yaitu satelit alam dan satelit buatan. Satelit alam berarti satelit yang telah ada karena sendirinya seperti bulan. Sementara itu ada pula jenis satelit yang dibuat oleh manusia yang memiliki fungsi tertentu. Sputnik I adalah satelit buatan manusia pertama yang diluncurkan ke orbit bumi. Satelit ini milik Uni Soviet dan diluncurkan pada 4 Oktober 1957. Satelit buatan manusia dapat dikelompokkan sebagai beriku:

1. Satelit Sumber Daya Alam

Satelit yang diluncurkan Amerika
Satelit Vanguard 1

Satelit buatan ini diluncurkan untuk memperoleh informasi sumber daya alam di bumi seperti pertanian, perikanan, dan pertambangan. Satelit Sumber Daya Alam yang pertama diluncurkan adalah Vanguard 1 oleh Amerika Serikat.

2. Satelit Geodesi

Satelit yang diluncurkan Uni Soviet
Satelit Sputnik3
Satelit Geodesi diluncurkan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai medan gravitasi bumi, pemetaan permukaan bumi, dan mengamati luar angkasa lebih baik dibandingkan dari bumi. Sputnik III adalah Satelit Geodesi yang pertama diluncurkan oleh Uni Soviet pada tanggal 25 Mei 1958.
 

3. Satelit Navigasi

Satelit yang diluncurkan Amerika
Satelit Transit 1B
Satelit ini diluncurkan untuk membantuk navigasi dalam bidang pengembangan dan pelayaran. Amerika Serikat menjadi Negara pertama yang meluncurkan satelit ini dengan nama Transit pada tanggal 13 April 1960.

4. Satelit Meteorologi

Satelit yang diluncurkan Amerika
Satelit Nimbus 1
Untuk mengamati cuaca, musim, angin, temperatur, dan awan, maka Satelit Meteorologi diluncurkan. Contoh dari satelit ini adalah Satelit Titos, Ess, dan Nimbus. 

5. Satelit Militer

Satelit yang diluncurkan Amerika
Satelit Vela 5A dan 5B
Terdapat juga Satelit Militer dilengkapi dengan sinar infra merah yang diluncurkan untuk kepentingan militer. Contoh dari satelit ini adalah Satelit Samos dan Satelit Vela. Satelit Samsos adalah satelit buatan Amerika Serikat yang berfungsi untuk mengetahui pangkalan militer lawan dan mengintainya. Sedangkan Satelit Vela diluncurkan dengan fungsi untuk mengetahui ada tidaknya percobaan nuklir secara diam- diam oleh Negara lain.

6. Satelit Komunikasi

Satelit yang diluncurkan Amerika
Satelit Telstar Regional Middle/High School

Satelit komunikasi diluncurkan demi kelancaran dalam berkomunikasi. Satelit ini pertama kali diluncurkan oleh Amerika Serikat dengan nama Telstar I pada 10 Juli 1962. Ada dua jenis satelit komunikasi, yaitu:
  1. Satelit Pemantau (satelit pasif), yang hanya berfungsi sebagai reflektor (pemantau) bagi sinyal-sinyal gelombang mikro yang dipancarkan dari stasiun bumi.
  2. Satelit Pengulang (satelit aktif), yaitu satelit yang dapat menerima suatu sinyal dan dapat memperkuat serta memantulkan ulang sinyal tersebut karena memiliki alat pemancar ulang yang disebut transponder.
Segala sesuatu di dunia ini pasti memiliki manfaat, termasuk satelit buatan manusia. Berikut beberapa manfaat satelit buatan manusia :
  1. Mengembangkan industri antariksa untuk membuat dan mendesain perlengkapan ruang angkasa.
  2. Mempermudah penerimaan kabar mengenai citra cuaca, dengan foto yang dibuat satelit cuaca.
  3. Memancarkan siaran televisi ke seluruh dunia.

0 Response to "Satelit Ini Pernah di Luncurkan oleh Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel