-->

Transfer File dari PC ke PC melalui Local Network

LAN Share merupakan aplikasi free, open source, dan cross-platform yang memungkinkan kalian mengirim file dengan cepat antar komputer yang menjalankan Windows dan/atau Linux. Transfer file terjadi secara langsung dari PC ke PC melalui jaringan lokal atau Wi-Fi. Tidak diperlukan konfigurasi yang rumit, jadi kalian tidak perlu repot dengan pengaturan dan izin dari user tertentu. Sebelum saya menjelaskan lebih jauh ada sedikit cerita dari sharing file melalui jaringan lokal.

Sharing File Antara Dua Komputer Melalui WiFi

Di suatu hari saya ingin memindahkan disc image yang besarnya 8GB dari komputer yang ada di lab sekolah ke dalam PC Ubuntu saya, tetapi bagaimana caranya ?

Cara pertama saya menggunakan flasdisk. Tetapi terdapat kekurangan yaitu lamanya komputer untuk dapat menyalin ke flashdisk, tentunya saya ingin agar komputer dapat menyalin file dengan cepat. Saya terpikir dengan menggunakan service yang memungkinkan saya bisa berbagi file dalam satu jaringan lokal baik dengan kabel atau WiFi. Service itu antara lain Samba, Local Workgroup, sFTP dan transfer file ssh juga scp. Lagi-lagi service tersebut sedikit ribet untuk digunakan bagi saya. Saya menginginkan service yang sederhana, bebas dari konfigurasi yang rumit, dan tidak mengunggah file ke internet terlebih dahulu.

Nah, setelah beberapa abad kemudian saya menemukan aplikasi berbasis open source dan free yaitu LAN Share.


LAN Share, Aplikasi Open Source Transfer File

Share file di sistem operasi Linux dengan LAN Share

LAN Share adalah aplikasi transfer file open-source dalam jaringan yang ditulis dalam C++ dan Qt. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengirim file atau folder dari satu komputer ke komputer lain serta untuk menerima file atau folder dari komputer lain yang menjalankan aplikasi ini. Karena aplikasi ini cross-platform jadi bisa digunakan di Windows dan Linux, dengan begitu kalian bisa mengirim file:
  • Transfer file dari Windows ke Linux
  • Transfer file dari Windows ke Windows
  • Transfer file dari Linux ke Windows
  • Transfer file dari Linux ke Linux
Untuk dapat menjalankan LAN Share kalian tidak perlu server pihak ketiga, layanan cloud, dan pengaturan protokol rumit. Cukup instal aplikasi di setiap komputer yang ingin kalian gunakan, gunakan menu "Send" untuk memilih file atau folder yang ingin kalian kirim, dan pilih komputer ‘receiver’ dari daftar. Pastikan komputer harus terhubung dalam jaringan yang sama. Fitur dari LAN Share ini yaitu :
  • Dapat bekerja secara langsung, PC ke PC
  • Dapat mengirim file antara OS yang berbeda
  • Tidak terdapat batas ukuran file
  • Lebih cepat ketimbang menggunakan Dropbox
Mengapa saya memilih aplikasi ini ? Itu karena aplikasi LAN Share mudah untuk digunakan dengan mudah dan interface yang sederhana. Kalian bisa melihat secara realtime dari proses transfer file dan metadata ketika file dikirim atau diterima.


Transfer File melalui LAN


Tidak Memiliki Fitur Advanced

Hal yang perlu kalian ketahui, aplikasi ini tidak memiliki fitur canggih dan pengaturan keamanan. Tetapi bagi saya itu tidak masalah karena saya hanya menggunakannya di rumah, jadi tidak apa-apa. Yang sangat saya hargai dari aplikasi ini adalah file dapat ditransfer antar mesin yang menjalankan sistem operasi yang berbeda. Saya tidak lagi harus melalui proses membosankan dengan mentransfer file dari Windows ke flashdisk, kemudian dari flashdisk ke mesin Ubuntu saya.

Aplikasi ini sangat berguna bagi kalian yang tidak memiliki flashdisk atau koneksi internet. Lalu apakah cara ini merupakan cara tercepat untuk menyalin file dari PC ke PC melalui jaringan ? Untuk masalah ini saya tidak tahu, tetapi cara ini jauh lebih cepat dibanding kalian menggunakan flashdisk untuk menyalin sebuah file. Kalian bisa dengan mudah mendapatkan LAN Share baik untuk Windows ataupun Ubuntu dari Github :


Download LAN Share


Alternatif Transfer File Dalam Jaringan

Selain LAN Share kalian bisa menggunakan berbagai macam aplikasi yang bisa berjalan di Windows, macOS dan Linux, ada yang berbayar maupun gratis. Untuk open source kalian bisa menggunakan NitroShare. Cara kerja NitroShare sama seperti LAN Share tetapi terdapat beberapa fitur tambahan seperti enkripsi TSL. Selain itu ada juga Teleport, aplikasi yang bisa kalian install dari Flathub. Ada banyak jalan agar kalian bisa megirim file dari PC ke PC dengan aplikasi desktop seperti menggunakan Samba dan Putty. 

0 Response to "Transfer File dari PC ke PC melalui Local Network"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel