-->

Buat Tampilan Perintah 'ls' Menjadi Indah Dengan Colorls

Di artikel kali ini saya akan memberikan tutorial penggunaan perintah colorls pada pengguna Linux. Perintah ls sering kali digunakan untuk melihat file apa saja yang terdapat pada sebuah direktori. Pada sistem operasi Linux sekarang, output dari perintah 'ls' secara default menampilkan warna pada setiap file yang berbeda formatnya. Lalu bagaimana dengan perintah 'colorls' ?

Perintah Colorls

Colorls merupakan sebuah script yang kegunaannya sama seperti perintah 'ls', hanya saja output yang ditampilkan lebih bewarna dan terdapat tambahan icon.  Jika kalian sudah melakukan customize pada terminal dengan Oh my zsh dan tema tambahan, maka kalian akan melihat tampilan seperti berikut :


Coloring your ls command

Menggunakan perintah ls tanpa menggunakan parameter apapun hanya akan menampilkan nama file dan folder dalam direktori saat ini. Jika kalian ingin melihat beberapa informasi seperti besar file, permission dll kalian bisa melihat panduan perintah ls -> ls man page.


Install Colorls di Ubuntu

Kalian harus menginstall beberapa paket agar colorls dapat berjalan seperti Ruby dan colorls Ruby Gem. Pertama-tama kalian perlu menginstall Ruby via terminal kemudian dilanjutkan dengan menginstall colorls :

$ sudo apt install ruby ruby-dev ruby-colorize && sudo gem

Setelah itu download dan install font dari Nerd Fonts. Nerd Fonts merupakan sebuah project yang bertujuan untuk melakukan patch pada beberapa font populer yang menggunakan glyph dan emoji. Ada cara cepat agar semua font dapat terinstall :

$ sudo mkdir -p /usr/share/fonts/RobotoMono
$ sudo cp -r ~/Downloads/RobotoMono/ /usr/share/fonts/RobotoMono
$ cd /usr/share/fonts/RobotoMono
$ sudo chmod 755 *
$ sudo mkfontscale
$ sudo mkfontdir
$ sudo fc-cache -fv 

Ketika fonts sudah terinstall semua, saatnya merubah tampilan font pada terminal kalian. Masuk ke Edit > Preferences > Appearance (disini saya menggunakan Xubuntu).

Colorls setting

Setelah semua selesai, kalian bisa menambahkan alias lc pada file .bashrc pada baris terakhir. Gunanya yaitu agar terminal bisa tau bahwa colorls = lc. Ketika diketikan perintah lc pada terminal maka tampilannya :

Colorls result

Ada bebrapa opsi tambahan :
  • lc -r : menampilkan output yang dapat dibaca pada jumlah file dan folder.
  • lc - sd : akan mengurutkan direktori berdasarkan alfabet.
  • lc - sf : akan mengurutkan file berdasarkan alfabet.
  • lc -d : menampilkan direktori
  • lc -f : menampilkan file
  • lc -1 : menampilkan semua file dan direktori dalam 1 colom.

Colorls result

Sekian itu dulu ya, jika ada yang kurang jelas bisa komen di bawah dan jangan lupa share ke teman kalian ya.


0 Response to "Buat Tampilan Perintah 'ls' Menjadi Indah Dengan Colorls"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel