Kaya Mendadak! Ditemukannya Ratusan Koin Emas di Italia - Open Source Lab -->

Kaya Mendadak! Ditemukannya Ratusan Koin Emas di Italia

Koin emas Romawi Kuno dari abad ke-5

Halo sobat LabComp, di zaman sekarang banyak sekali penemuan langkah zaman dahulu yang dicari-cari banyak orang karena harganya selangit jika dijual mengingat sejarah dari penemuan itu sendiri. Apalagi jika yang ditemukan berupa emas murni dengan jumlah yang banyak. Hmm pasti pikirannya Nikah.. Nikah.. Nikah.. haha. Ga juga gitu dong ya. Nah kebetulan, kali ini kita mau membahas penemuan koin emas Romawi kuno di Italia Utara.

Disana terdapat sebuah bejana yang penuh dengan ratusan koin emas Romawi kuno dan ditemukan di Teater Cressoni di Como, sebelah Utara kota Milan, Italia. Dikabarkan koin emas itu berasal dari abad ke-5 Masehi. Dalam postingan New York Post, Senin (10/9/2018), masih tidak jelas berapa banyak koin yang masih layak. Namun, Menteri Kebudayaan Alberto Bonisoli menyatakan penemuan itu membanggakan. "Kami belum tahu secara detail signifikansi sejarah dan budaya dari penemuan ini, tetapi daerah ini adalah harta nyata bagi arkeologi kami," ujar Alberto Bonisoli dalam siaran pers.

Kementerian Kebudayaan Italia tidak menyebutkan nilai komersial dari seluruh koin tersebut. Namun laporan media di Italia memperkirakan bisa bernilai jutaan dolar AS. Koin emas yang telah ditemukan kemudian dipindahkan ke sebuah laboratorium pemulihan Kementerian Kebudayaan Italia (Mibac) di Milan. Di sana para arkeolog berharap segera mendapatkan informasi yang lebih detail tentang asal usul uang itu. Hmm kalo sudah dapat koin emas ratusan gitu jangan mau balik sama mantan.

Koin emas Romawi Kuno dari abad ke-5

Maria Grazia Facchinetti, seorang ahli koin langka, mengatakan kepada CNN (10/9) bahwa koin-koin itu ditumpuk dalam gulungan yang mirip dengan praktik di bank masa kini. Koin-koin itu memiliki ukiran sosok kaisar seperti Valentinian III dan Libio Severo yang berarti dicetak sebelum tahun 474. "Kami pun berpikir bahwa pemilik koin ini bukan individu, tapi bank umum atau deposito," tambah Facchinetti. Selain koin, para arkeolog juga menemukan batangan emas di dalamnya.

Arkeolog belum menetapkan koin itu milik siapa atau mengapa mereka dikuburkan. Arkeolog Luca Rinaldi mengatakan kepada Newsweek bahwa penemuan itu sangat tidak biasa karena jumlahnya banyak dan masih berkualitas baik karena telah diawetkan. "Ini hampir keseluruhan koleksi tidak seperti penemuan di Italia Utara. Kadang-kadang koin yang ditemukan saling menempel, tetapi semuanya terpisah. Rasanya seperti membuka dompet," ujarnya.

Teater Cressoni diresmikan pada 1870 sebelum berubah menjadi bioskop. Pada 1997, lokasi itu ditutup untuk publik dan direncanakan untuk dihancurkan sebelum dijadikan lahan pembangunan permukiman mewah. Namun, dengan penemuan ini, pihak berwenang berencana menghentikan sementara pembangunan demi memfasilitasi penggalian lebih lanjut. Mereka mengantisipasi kemungkinan harta karun kuno lainnya yang masih terkubur di lokasi tersebut.

Temuan koin emas kuno ini adalah satu dari beberapa penemuan mengejutkan mata uang Romawi dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2016, para arkeolog menemukan koin emas Romawi langka berusia 2.000 tahun di Yerusalem, Israel, dengan ukiran wajah kaisar Romawi Nero. Lokasi penemuan terletak di penggalian arkeologi Gunung Zion, di selatan kota tua Yerusalem. Tim University of North Carolina-Charlotte, AS, melakukan penggalian di sana sepanjang musim panas. Selain di Israel, penemuan koin emas Romawi dan Ottoman juga ditemukan di sebuah kastil di Okinawa, Jepang.

Menariknya, koin-koin Romawi tersebut berasal dari sekitar periode yang sama dengan koin yang ditemukan di Como. Mereka berspekulasi bahwa koin-koin itu sampai ke Jepang melalui rute perdagangan yang menghubungkan Barat dengan Asia. Namun, menurut Inquistr, koin-koin di Como tidak mengembara sejauh itu. Pasalnya, situs penggalian itu dekat dengan Forum Novum Comum, pasar utama di sebuah koloni Romawi yang didirikan oleh Gaius Julius Caesar. Pasar itu dikenal karena beberapa penemuan artefak Romawi besar.

Nah bagaimana menurut kalian kalau nemu koin emas kuno yang harnya triliunan ?
Dipakai nikah, kasih ke pihak berwenang, atau disumbang ? Berikan tanggapan kalian pada komentar di bawah guys.

0 Response to "Kaya Mendadak! Ditemukannya Ratusan Koin Emas di Italia"

Post a Comment