-->

Langkah Jitu Mengatasi Flashdisk Terkena Air

Flashdisk kalian sering jatuh atau terkena cipratan air ? Tenang dulu, jangan langsung beli flashdisk baru, sayang uangnya dong soalnya flashdisk kalian masih bisa di selamatkan loh! Kejadian seperti ini memang sering terjadi bagi beberapa orang karena tidak disengaja. Salah satu penyebabnya yaitu salah menempatkan suatu barang misalnya meletakan flashdisk di saku baju atau celana, atau flashdisknya malah jadi mainan si dede bayi. Maka dari itu, sebaiknya kita menaruh barang apapun dengan aman dan terjauh dari jangkauan anak kecil yang belum mengerti cara penggunaan barang tersebut.
Flashdisk Basah - Flashdisk kalian sering jatuh atau terkena cipratan air ? Tenang dulu, jangan langsung beli flashdisk baru, sayang uangnya dong soalnya flashdisk kalian masih bisa di selamatkan loh! Kejadian seperti ini memang sering terjadi bagi beberapa orang karena tidak disengaja. Salah satu penyebabnya yaitu salah menempatkan suatu barang misalnya meletakan flashdisk di saku baju atau celana, atau flashdisknya malah jadi mainan si dede bayi. Maka dari itu, sebaiknya kita menaruh barang apapun dengan aman dan terjauh dari jangkauan anak kecil yang belum mengerti cara penggunaan barang tersebut.

Flashdisk umumnya tidak memiliki aliran listrik pada saat tidak terhubung ke port USB. Jadi mau bagaimanapun juga jika flashdisk terkena air maka tidak akan masalah tapi ingat selama tidak terhubung port USB. Mengapa demikian, karena jika flashdisk kalian basah dan terhubung ke port USB maka dalam seketika flashdisk akan segera rusak. Kok bisa ? Ya karena terjadinya korslet. Ah saya ga percaya ? Coba aja gih, colokin tuh flashdisk basah ke port USB di PC/Laptop yang sudah nyala.. pasti bakal ga kebaca haha.

Langkah Penanggulangan

Ketika flashdisk sudah basah kuyup karena terkena siraman rohani, eh air... maka wajib hukumnya untuk mengeringkan flashdisk terlebih dahulu sebelum di gunakan. Nah, ada beberapa tools yang perlu untuk disiapkan yaitu:
  • Tissue
  • Beras
Mengapa memakai beras? Karena beras lebih ekonomis dan memiliki fungsi yang sama seperti Sillica Gel yaitu menyerap kelembapan bahkan air dalam jumlah yang cukup banyak sekalipun. Kalian juga bisa menggunakan Sillica Gel jika kalian punya. Jika tools sudah terkumpul maka langkah selanjutnya yaitu mengeringkan Flashdisk. Ikuti langkah berikut :
  1. Keringkan dahulu bagian body flashdisk kemudian buka bagian chasing dan keringkan bagian dalam flashdisk menggunakan tissue atau kain lap lantai atau baju bekas yang tidak terpakai
  2. Setelah selesai, ambil semangkuk atau 1 baskom beras asli Indonesia
  3. Masukan flashdisk ke dalam mangkuk atau baskom berisi beras tadi dan diamkan selama 24 jam atau setengah hari (jika 1 baskom)
Hal yang perlu diingat yaitu tidak dianjurkan menjemur flashdisk. Kenapa emang? Karena flashdisk itu berisi komponen elektronik dan rentan terhadap panas dan air. Nah jika komponen elektronik terkena air dan panas maka akan menciptakan karat pada bagian dalam flashdisk. Hal ini berlaku untuk semua perangkat elektronik. Jadi hal yang pertama harus dilakukan saat perangkat elektronik basah terkena air yaitu harus dikeringkan terlebih dahulu selama 1 hari atau 2 hari agar air yang ada didalamnya benar-benar hilang.

0 Response to "Langkah Jitu Mengatasi Flashdisk Terkena Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel