-->

Cara Menggunakan Perintah Lolcat di Ubuntu 16.04

Cara Menggunakan Perintah Lolcat di Ubuntu 16.04

Halo sobat LabComp, di artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai cara menggunakan perintah cowsay dan fortune. Nah kali ini saya ingin sharing cara menggunakan perintah lolcat.

Lolcat merupakan sebuah program yang memberikan tampilan warna-warni pelangi pada sebuah output di terminal. Perintah dasar linux seperti ini (cowsay, fortune, lolcat) cocok dikenalkan pada anak-anak. Tujuannya agar kedepannya anak-anak lebih senang menggunakan linux ketimbang Windows. Baca juga Alasan Mengapa Kita Harus Menggunakan Linux

Untuk cara install lolcat cukup mudah, ketikan perintah:

sudo apt install lolcat

Cara menggunakan lolcat harus menggunakan karakter pipeline "|". Karakter ini dapat membuat 2 atau lebih perintah berjalan secara bersamaan. Karakter pipeline ini ibarat sebuah pipa yang dilewati oleh "perintah". Misalkan contohnya saya menggunakan perintah cowsay:

cowsay -f tux Aku Suka Kamu | lolcat 


Nah, maksud dari pipeline ini menjalankan perintah yang ke-1 dengan menggunakan perintah yang ke-2. Perintah lolcat juga bisa digabung dengan perintah ls, contohnya :

ls -la | lolcat

Anda bisa menambahkan alias ke .bashrc:

echo "alias lol='ls -la | lolcat'" >> $HOME/.bashrc
source .bashrc

Bagaimana mau mencoba perintah lolcat? Ingat perintah lolcat harus mengunakan karakter pipeline, jadi anda harus memperhatikan perintah yang akan anda kasih lolcat ini. Jika ada yang ditanyakan silahkan tanya di kolom komentar di bawah.


Follow Fanspage kami >> OpenSourceLab

 

0 Response to "Cara Menggunakan Perintah Lolcat di Ubuntu 16.04"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel