-->

Cara Menggunakan Printah Fortune di Ubuntu 16.04

Cara Menggunakan Printah Fortune di Ubuntu 16.04

Semakin kita mendalami suatu bidang, maka akan semakin banyak juga kita menemukan hal-hal yang hanya beberapa orang yang tahu. Ya, hal ini pernah saya alami. Misalkan kita mempelajari cara menggunakan linux. Nah di linux kita bisa melakukan banyak hal seperti membuat program dengan bash, bangun server, dan lain sebagainya. Nah, kali ini saya ingin sharing sedikit pengalaman saya pada saat saya menggunakan perintah fortune.

Fortune adalah sebuah program yang mempunyai database kata-kata, dan kata-kata ini di munculkan di cowsay. Perintah fortune ini bisa dikatakan unik, karena setiap kali kita menjalankan perintah fortune maka akan ada kata-kata random yang muncul. Untuk cara install perintah fortune sama seperti di postingan sebelumnya, Cara Menggunakan Perintah Cowsay:

Debian, Ubuntu, Mint, BlankOn

sudo apt install fortune

Jika fortune sudah berhasil di install, coba jalankan dengan mengetikan:

fortune

Cara Menggunakan Printah Fortune di Ubuntu 16.04

Lah, kenapa hasilnya bisa beda ? Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, perintah fortune mempunyai database kata-kata. Sehingga setiap kali perintah fortune dijalankan maka outputnya akan berbeda. Kemudian coba lagi tambahkan perintah cowsay setelah fortune:

fortune | cowsay -f stegosaurus 

Cara Menggunakan Printah Fortune di Ubuntu 16.04

Hohoho, buat Anda yang penasaran ingin mengubah tampilan cowsay, bisa menambahkan opsi -f (apt daemon eyes kosh pony-smaller suse vader bud-frogs default flaming-sheep luke-koala ren three-eyes vader-koala bunny dragon ghostbusters mech-and-cow sheep turkey www calvin dragon-and-cow gnu milk skeleton turtle cheese duck hellokitty moofasa snowman tux cock elephant kiss moose stegosaurus unipony cower elephant-in-snake koala pony stimpy unipony-smaller)

Cobalah satu per satu. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa bertanya di kolom komentar dibawah dan jika Anda suka dengan artikel ini silahkan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.



Follow Fanspage kami >> OpenSourceLab

0 Response to "Cara Menggunakan Printah Fortune di Ubuntu 16.04"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel