-->

Gempa Palu dan Donggola Memakan Banyak Korban

Indonesia tengah berduka. Palu dan Donggala diguncang gempa yang kemudian disusul oleh tsunami dengan ketinggian 1,5 sampai 2 meter. Tsunami menerjang Pantai Talise Kota Palu dan pantai di Donggala. Berikut merupakan kronologis kejadian gempa Palu dan Donggala, serta tsunami yang diakibatkan oleh gempa tersebut.

Indonesia tengah berduka. Palu dan Donggala diguncang gempa yang kemudian disusul oleh tsunami dengan ketinggian 1,5 sampai 2 meter. Tsunami menerjang Pantai Talise Kota Palu dan pantai di Donggala. Berikut merupakan kronologis kejadian gempa Palu dan Donggala, serta tsunami yang diakibatkan oleh gempa tersebut.

Menurut laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofiiska (BMKG), gempa pertama berkekuatan 5,9 Skala Richter (SR) terjadi di Barat Laut Donggala pada pukul 14.00 WIB. Setelah itu terjadi setidaknya dua gempa susulan dengan kekuatan antara 5 SR-5,3 SR, sampai pada pukul 17.02 WIB terjadi gempa dengan kekuatan sangat besar 7,7 SR. Sebelah tenggara Palu pun diguncang gempa 5,9 SR pada pukul 17.25 WIB.

Pada saat gempa 7,7 SR mengguncang Timur Laut Donggala, BMKG memberikan peringatan dini tsunami dengan status siaga pada pukul 17.07. Peringatan tersebut dicabut 30 menit setelah disiarkan, karena berdasarkan hasil pantauan visual dan peralatan di laut tidak terpantau adanya perubahan tinggi muka air laut dan tsunami tidak terpantau.

Namun setelah peringatan tersebut berakhir, pada pukul 17.32 tsunami dengan ketinggian 1,5 sampai 2 meter menerjang kawasan Pantai Talise Kota Palu dan pantai di Donggala akibat gempa 7,4 SR (sebelumnya ditulis kekuatan 7,7 SR namun telah dimutakhirkan oleh BMKG menjadi 7,4 SR) yang telah mengguncang Donggala. Setelah tsunami menerjang pun, terjadi setidaknya 10 gempa susulan di Donggala, Palu, dan juga Sigi.

Penanganan Dampak Gempa dan Tsunami dari Berbagai Pihak

Tim Reaksi Cepat BNBP telah bergerak menuju Donggala, dengan membawa peralatan komunikasi satelit dan peralatan lain. TNI akan mengerahkan pasukan di Kota Palu dan Donggala, mengerahkan 7 SSK dari Yonkes, Yonzipur, Yonif, dan Yonzikon menggunakan 2 pesawat Hercules C-130. Basarnas pun akan menggerakkan 30 personil beserta peralatan menggunakan pesawat Hercules. POLRI juga akan mengerahkan personil dan peralatan untuk memberikan dukungan penanganan darurat.

Selain itu, dalam rangka membantu penanganan gempa dan tsunami Palu - Donggala - Sigi saat ini Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia - BIG turut membantu dengan memberikan data Informasi Geospasial Dasar dan Informasi Geospasial Tematik BIG yang dapat dipergunakan dalam tanggap bencana Palu dan Donggala:

https://cloud.big.go.id/index.php/s/sxb9TEStoDYT276

Drive ini berisi data sebaran bangunan di Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Data ini bersumber dari Peta Rupa Bumi Indonesia skala 1:5.000, 1:10.000, 1:25.000, dan 1:50.000. Data sebaran bangunan ini tidak hanya berisi sebaran gedung/bangunan, tetapi juga berisi informasi fasilitas kesehatan (rumah sakit,posyandu, dan puskesmas), fasilitas pendidikan, dan kantor pemerintahan. Salah satu kegunaan dari data sebaran bangunan ini adalah dapat digunakan sebagai bahan untuk survei kerusakan bangunan akibat gempa dan tsunami di Palu - Donggala - Sigi. Disamping itu data penggunaan lahan daerah Palu dan sekitarnya disiapkan juga dalam rangka pemenuhan analisa data untuk estimasi penghitungan kerusakan)

Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia juga membuat Sistem Informasi untuk sharing mengenai informasi kebencanaan. Sistem informasi sharing data kebencanaan di InaGeoportal merupakan layanan berbagi pakai data antar lembaga untuk bertukar informasi kebencanaan. Sistem ini diharapkan dapat berkembang terus terutama dalam pendistribusian dan pemanfaatan data kebencanaan untuk misi penanggulangan kebencaanaan. Link tersebut ada pada tautan dibawah ini:

http://tanahair.indonesia.go.id/

Mengajak dan menghimbau K/L untuk berpartisipasi sharing data kebencanaan dalam repository BIG untuk wilayah Palu, Donggala, dan Sigi di:

https://cloud.big.go.id/index.php/s/pTirFK5xzCKGAwD

Sistem Informasi Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia

Jika Anda sudah upload informasi ke repository dimohon email ke syamsul.hadi@big.go.id untuk konfirmasi. Untuk repository data kebencanaan ada di:

https://cloud.big.go.id/index.php/s/sxb9TEStoDYT276

Semoga dengan adanya Sistem informasi ini bisa membantu kita dalam menangani bencana alam. Kita semua mendoakan dan memberi semangat kepada saudara kita yang ada di Donggala dan Palu agar bisa bangkit kembali.

#PrayforPalu
#PrayforDonggala
#PrayforSigi
#PrayforIndonesia
#badaninformasigeospasial


Follow Fanspage kami >> OpenSourceLab

0 Response to "Gempa Palu dan Donggola Memakan Banyak Korban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel