-->

Pengertian Bahasa Pemrograman


Bahasa Pemrograman - Kata "bahasa pemrogragman" pasti pernah kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu dari teman, guru, atau membaca sebuah artikel. Orang yang mengerti dan dapat membuat program bisa disebut sebagai "programmer". Banyak yang mengira menjadi programmer itu susah, padahal sebenarnya tidak jika ada keinginan sendiri untuk mempelajarinya. Dulu saya juga mengira bahwa mempelajari bahasa pemrograman itu susah. Tapi setelah saya pelajari lebih dalam ternyata tidak susah sama sekali. Untuk dapat mempelajari bahasa pemrograman ada baiknya belajar algoritma dahulu. Ya, karena dalam bahasa pemrograman akan melatih pola pikir kita dalam membuat program secara berurut.

Di artikel kali ini saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman dan macam-macam bahasa pemrograman yang banyak dipakai programmer untuk membuat program. Untuk itu simak penjelasan berikut.

Apa Yang di Maksud Dengan Bahasa Pemrograman ?

Hmm, bahasa pemerograman? Bahasa apa itu? Bahasa pemrograman atau sering juga di sebut bahasa pemrograman komputer ini bisa kita katakan sebagai instruksi - instruksi untuk memerintah komputer. Dan dalam arti yang lebih spesifik, bahasa pemrograman ini adalah sebuah bahasa yang di pahami oleh komputer. Sehingga untuk memerintah komputer, kita harus belajar terlebih dahulu bahasa komputer tersebut. Sedangkan kegiatan atau aktivitas membangun suatu program komputer itu disebut dengan pemrograman.

Selain mempelajari bahasa pemrograman yang lebih penting adalah mempelajari alur logika dalam membangun suatu program komputer. Alur logika ini sering disebut sebagai algoritma. Secara sederhana, algoritma dapat dikatakan sebagai langkah-langkah berpikir yang logis, terurut dan terstruktur untuk menyelesaikan suatu kasus atau permasalahan. Untuk melihat penjelasan lebih lanjut mengenai algoritma bisa kunjungi artikel - Apa itu Algoritma ?

Saya rasa cukup itu saja penjelasan mengenai pemrograman. Selanjutnya akan membahas mengenai apa saja fungsi dari bahasa pemrograman.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, fungsi dari bahasa pemerograman yaitu memerintah komputer agar mengolah data yang kita masukkan yang kemudian akan mengeluarkan sebuah data yang biasa kita sebut sebagai output. Nah itulah fungsi utama dari bahasa pemrograman ini. Produk yang di hasilkan dari bahasa pemrograman ini cukup banyak contohnya seperti aplikasi android berupa aplikasi game, chatting, browser dan lain-lainnya.

Selain itu, bahasa pemrograman juga digunakan untuk membuat sebuah Game. Baik Game dengan kelas berat maupun game yang sangat sederhana. Intinya, bahasa pemrograman ini digunakan oleh programer untuk memerintah komputer agar melakukan apa yang dia suruh. Maksud dari kata “suruh” disini adalah tugas tertentu seperti menampilkan gambar, menampilkan pesan atau teks dan lain sebagainya.

Secara ringkas, fungsi dari bahasa pemrograman antara lain:
  1. Memerintah komputer
  2. Menghubungkan antara komputer dan manusia
  3. Membantu dalam kehidupan sehari-hari. Seperti aplikasi GPS pada smartphone.

Tingkatan Bahasa Pemrograman

Mungkin Anda akan mengira bahwa semua bahasa pemrograman itu sama semua dan pada  tingkat yang sama. Jika Anda berpikiran seperti itu, maka perkiraan Anda kurang tepat. Di dalam bahasa pemrograman terdapat 3 macam tingkatan yang membedakan setiap macam kode program. Berikut 3 tingkatan bahasa pemrograman:

  1. Bahasa pemrograman tingkat tinggi, bahasa ini dikatakan bahasa tingkat tinggi karena bahasa ini sudah cukup mudah untuk dipahami. Karena sudah mendekati atau mirip dengan bahasa manusia. Contohnya cukup banyak seperti Python, java, PHP, Pascal, Visual Basic dan masih banyak lagi.
  2. Bahasa pemrograman tingkat menengah, bahasa ini dikatakan menengah karena bahasa tingkatan ini bisa kita katakan sebagai bahasa tingkat tinggi atau tingkat menengah. Contohnya adalah Bahasa pemrograman C.
  3. Bahasa pemrograman tingkat rendah, bahasa jenis ini merupakan jenis bahasa yang bisa dikatakan sebagai bahasa yang susah untuk di pahami. Karena bahasanya tidak humanis. Yang artinya tidak mirip seperti bahasa manusia. Sehingga untuk menggunakannya perlu pemahaman yang khusus. Contohnya adalah bahasa assembly atau bahasa mesin.

Sejarah dan Generasi Bahasa Pemrograman

Sama seperti sebuah komputer, bahasa pemrograman komputer juga memiliki sejarah yang terus berkembang. Nah seperti apakah sejarah dari bahasa pemrograman ini ? Untuk menjawabnya, langsung saja kita simak sama - sama sejarah singkat perkembangan bahasa pemrograman dibawah ini.
  • Generasi pertama - Bahasa mesin atau Machine language.
  • Generasi kedua - Bahasa assembly atau bahasa dengan kode - kode singkat.
  • Generasi ketiga - High level programing atau bahasa tingkat tinggi.
  • Generasi keempat - fourth Generation programing language.
  • Generasi kelima - Bahasa pemrograman berorentasi objek dan web development.

Bahasa Pemrograman Yang Populer

Bahasa Pemrograman yang Populer
Macam - macam dari bahasa pemrograman memang banyak. Namun, setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Sehingga setiap orang akan memilih sesuai kebutuhannya. Berikut saya akan memberikan sedikit informasi tentang bahasa pemrograman yang paling populer atau paling sering digunakan.

List di atas merupakan bahasa pemrograman yang paling populer di tahun 2018. Untuk penentuan peringkat dari bahasa pemrograman itu sendiri didasarkan kepada jumlah para skilled engineers di seluruh dunia, banyaknya kelas/kursus dan para vendor pihak ketiga. Selain itu pertimbangan juga dilakukan dengan menggunakan search engine populer seperti Google, Bing, Yahoo, Wikipedia, dll.

Nah itulah penjelasan serta sejarah singkat mengenai bahasa pemrograman di artikel ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Jika tulisan ini sangat bermanfaat jangan lupa untuk share ke sosial media Anda.

0 Response to "Pengertian Bahasa Pemrograman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel