5 Situs Terbaik Buat Kamu Untuk Belajar Programming - Open Source Lab -->

5 Situs Terbaik Buat Kamu Untuk Belajar Programming


Dalam kehidupan sehari-hari, hampir semua peralatan yang kita gunakan terhubung ke internet seperti halnya Facebook dan Email. Kita bisa dengan mudah mencari berbagai informasi melalui internet bahkan bisa menjalankan bisnis yang sedang di garap. Tapi dibalik perangkat lunak itu semua pernahkah kalian bertanya tanya bagaimana Mereka semua tercipta? Bagaimana cara pembuatannya? Apa yang harus saya pelajari untuk membuat perangkat lunak seperti facebook?

Pertanyaannya mungkin agak konyol tapi ada benarnya terkadang rasa penasaran membuat kita semakin ingin banyak belajar dari apa yang kita tidak tahu. Jadi nih, Facebook tercipta bukan dengan waktu sekejap saja atau layaknya sebuah pabrik dikelola oleh mesin. Mereka semua berawal dari kerja keras progamer yang menyusun dan membuat jutaan kode dari puluhan bahasa seperti HTML,Java Script,PHP,C#,C++,bahasa pemograman lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu.

Programmer Online Course Free

Para pemogramer harus memiliki kreativitas serta ketelitian untuk menyusun barisan kode agar menjadi sebuah aplikas,website,atau perangkat lunak yang telah ia targetkan. Dan tahukah kalian Gaji para progamer sebenarnya gede lho.

Nah, Kebetulan sekali bagi kalian yang ingin menjadi progamer tapi tidak punya biaya atau belom cukup umur atau gimana ingin bersekolah di sekolah-sekolah IT. Disini saya akan memberikan rangkuman agar kalian bisa belajar progaming secara otodidak.

1. Sololearn

Sololearn adalah salah satu penyedia pembelajaran progaming secara online dan gratis. Course atau pembelajaran yang disediakan terdapat di web dan ada juga di Android/tablet berbasis aplikasi. Sololearn telah diikuti oleh sekitar 18.590.519 Pembelajar dan telah tersedia 940 Pelajaran serta 9268 Kuis.

Sololearn web design

Bahasa progam yang diajarkan antara lain HTML-HTML5, CSS, JAVASCRIPT, PHP, PHYTON, C#, C++, RUBY, JQUERY, SWIFT, SQL,dan lain-lain. Solearn juga menyediakan fitur diskusi sesama member agar para member dapat berinteraksi untuk menanyakan hal-hal seputar pelajaran progaming. Selain itu bagi anda yang membuat sebuah project progaming terbaik akan ditampilkan di blog dan anda akan mendapatkan penghargaan dari Sololearn. Jika anda telah selesai suatu course anda akan mendapatkan sertifikat dari Sololearn.

2. CodeSaya

CodeSaya adalah penyedia pembelajaran progaming gratis secara online tapi untuk yang satu ini menggunakan bahasa Indonesia loh, jadi bakalan mempermudah banget buat kalian yang buruk dalam bahasa inggris.

Codesaya web design

Sejauh ini CodeSaya sudah diliput oleh perusahaan besar seperti Metro TV, CodePolitan, Liputan 6, Okzone, Selular ID, Detik net, & Daily Social. Bahasa progam yang diajarkan antara lain JavaScript, PHP, Phyton dan Git.Berbeda dengan Sololearn yang memiliki forum diskusi, CodeSaya memiliki sebuah komunitas/grup yang dapat kalian buat dan gabung sendiri disana.

3. Jago Coding

Jagocoding web design


Sama seperti CodeSaya, Jago Coding juga menggunakan bahasa Indonesia. Di Jago Coding pembelajaran yang diberikan lebih terstruktur karena terbagi menjadi 4 yaitu Web Progaming, Desktop Progaming, Mobile Progaming, dan Database. Bahkan tutorial yang diberikan pun ada tingkatannya mulai dari Baby, Newbie, Standard, Advance dan Expert.

4. Sekolah Coding

Sekolah Coding free and non-free course

Dari namanya pasti anda sudah tahu kalau bahasa yang digunakan adalah bahasa indonesia. Sekolah Coding ada yang versi premium(berbayar) dan ada yang gratis. Pastinya ini akan membedakan pembelajarannya antara gratis dengan yang berbayar, sudah tentu yang berbayar lebih mendalam pelajarannya. Sekolah Coding memberikan course secara lengkap berupa artikel dan video.

5. W3School

W3School web design course

Dan yang terakhir adalah W3SCHOOL. Saya juga pernah belajar disini karena bahasa pemrogaman yang diberikan banyak seperti  HTML-HML5, CSS-CSS3 , JAVASCRIPT(JQUERY,JSON,AngularJS,AJAX,Appml), PHP, XML dan terakhir adalah pembelajaran membuat sebuah template website.

W3school lebih ditujukan untuk Web Design dan untuk mempelajari bagaimana membuat dan membangun website hasil karya sendiri.


Jika artikel ini bermanfaat buat kalian, jangan lupa untuk di share ya biar bermanfaat.

0 Response to "5 Situs Terbaik Buat Kamu Untuk Belajar Programming"

Post a Comment