-->

Installasi dan Pemerograman Python di Windows

Bahasa pemerograman Python bisa dijalankan di sistem operasi Windows dan Linux. Bagi kalian yang menggunakan sistem operasi Linux tidak perlu lagi menginstall Interpreter Python pada komputer kalian. Karena di dalamnya sudah terpasang otomatis ketika kita melakukan installasi Linux. Disini saya akan membahas bagaimana cara untuk memasang software Interpreter Python pada sistem operasi Windows.

Untuk membuat program dengan bahasa Python di Windows, kalian perlu memasang Interpreter Python. Software ini berperan sebagai penerjemah dari bentuk kode menjadi tampilan program yang diinginkan. Kalian bisa download secara langsung Python Interpreter dari situs resminya http://www.python.org. Jika kalian sudah download Interpreter Python, kemudian install lah secara default.

Python Windows Installation

Saat ini terdapat 2 versi Python yang masih aktif dikembangkan secara simultan, yaitu Python 2 dan Python 3. Lalu yang mana harus dipilih, Python 2 atau Python 3 ? Pemilihan versi perlu disesuaikan  dengan kebutuhan program yang akan kalian buat. Saat ini, Python 2 masih lebih banyak digunakan dibanding Python 3. Python 3 dirancang untuk kebutuhan masa depan, ketika Python 2 sudah tidak dipelihara dan pada dikembangkan lagi. Rencana proses pemeliharaan Python 2 akan berakhir pada tahun 2020. Python Software Foundation (PSF) - Komunitas Python, merekomendasikan para pengguna Python 2 untuk beralih ke Python 3. Bagi kalian yang baru mempelajari Python, PSF juga menganjurkan agar kalian langsung menggunakan Python 3.

Dalam Python, setiap kode program disimpan ke dalam satu file berekstensi .py. Untuk membuat file kode program, kalian bisa menggunakan Text Editor apa saja, seperti Notepad, Notepad++ dll. Disini saya menggunakan Python 3. Misal kita membuat program untuk mencetak tulisan dalam bahasa Python.

print ('Hello World!')

Tulis kode diatas menggunakan Text Editor kemudian simpan dengan nama hello.py. Untuk menyimpan file tersebut, kalian dapat membuat direktori baru, misal direktori dengan nama D:\CoursePython.

Untuk menjalankan atau mengeksekusi program Python, lakukan langkah berikut :
1. Jalankan command prompt (CMD).
2. Daftarkan direktori installasi Python kalian ke dalam variabel PATH menggunakan perintah :

set PATH=C:\Python34;%PATH%

Perintah diatas dilakukan agar direktori kerja dapat mengenali program python.exe (Python Interpreter) yang terdapat di dalam direktori C:\Python34, dengan asumsi Python terpasang di C:\Python34.

3. Aktifkan direktori kerja dengan menuliskan perintah :

d:
cd CoursePython

4. Jalankan kode program diatas menggunakan perintah :

python.exe hello.py

atau cukup menuliskan

python hello.py

Begitulah caranya agar kalian bisa menjalankan program Pyton di Windows. Tetapi jika kalian ingin bekerja secara interaktif, maka kalian dapat menggunakan program IDLE. Kalian dapat menjalankan program tersebut melalui Start | All Programs | Python 3.4 | IDLE. Kalian dapat memasukan baris-baris perintah dalam bahasa Python menggunakan program tersebut.

Python Windows IDLETampilan IDLE Python

Untuk cara menjalankan program Python di Linux, ada di artikel selanjutnya. Mungkin itu aja yang saya bahas kali ini. Jika bermanfaat silahkan share ke teman kalian dan jika kalian masih bingung bisa komen langsung di bawah.

0 Response to "Installasi dan Pemerograman Python di Windows"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel