-->

Pemerograman Python di Linux

Hallo semua, kali ini saya sharing nih bagaimana agar kalian bisa menjalankan program Python di Linux. Di artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai Interpreter Python di Linux, tetapi jika kalian ingin menginstall Python di Linux atau ingin mengubah versi Python kalian bisa mengikuti beberapa langkah berikut. Tapi sebelum itu ada yang perlu kalian ketahui. Terdapat beberapa environment yang bisa menjalankan Python, antara lain :
  1. Win 9x/NT/2000
  2. Unix (Solaris, Linux, FreeBSD, AIX, HP/UX, SunOS, IRIX, dan lain-lain)
  3. Macintosh (Intel, PPC, 68K)
  4. OS/2
  5. DOS
  6. PalmOS
  7. Nokia Mobile Phones
  8. Windows CE
  9. Acom/RISC OS
  10. BeOS
  11. Amiga
  12. VMS/OpenVMS
  13. QNX
  14. VxWorks
  15. Psion
  16. Python juga dirancang ulang di Java dan .NET Virtual Machine

Python Linux Programmer

Install Python di Linux

Unduh installer Python untuk Unix/Linux di http://www.python.org/download. Kemudian, unduh source code Python yang dibungkus oleh zip dan ikuti alur pengunduhannya. Setelah diunduh kemudian ekstrak installer tersebut. Kemudian masuk kedirektori installer Python. Jika ada pengaturan khusus yang diinginkan, edit file Modules/Setup pada installer. Jika pengaturan sudah sesuai jalankan perintah ./configure melalui terminal. Hal ini dilakukan untuk konfigurasi installer Python pada sistem operasi kita. Setelah konfigurasi beres, jalankan perintah make untuk meng-compile installer Python. Setelah itu baru jalankan perintah make install untuk memulai proses instalasi.

File ekskeusi Python akan diinstall di "/usr/local/bin" dan library nya diinstall di "/usr/local/bin/pythonX.X". Kemudian jangan lupa untuk lakukan pengaturan path agar bisa dieksekusi di shell. Berikut adalah beberapa pengaturan path pada beberapa shell :
  • Pengaturan path di shell bash : export PATH = “$PATH:/usr/local/bin/python” kemudian tekan enter
  • Pengaturan path di shell csh : setenv PATH = “$PATH:/usr/local/bin/python” kemudian tekan enter
  • Pengaturan path di shell ksh : PATH = “$PATH:/usr/local/bin/python” kemudian tekan enter
Selain menggunakan source code Python dan diinstall secara manual seperti diatas. Anda bisamenginstall Python melalui packet manager jika sistem operasi yang Anda gunakan mendukungfitur tersebut seperti Ubuntu, Slackware, dan Fedora. Di beberapa sistem operasi kadang sudah tertanam di dalamnya dan langsung bisa digunakan seperti di Ubuntu dan Fedora.


Untuk penulisan program Python di Linux tidak beda jauh dengan penulisan program Python di Windows. Kalian cukup menuliskan program Python di Text Editor seperti nano, gedit, sublime dll. Kemudian simpan file dengan ekstensi .py. Disini saya tetap menggunakan Python 3 hingga artikel selanjutnya dan selesai. Misalnya nih saya membuat program Python di Text Editor yang kemudian di simpan pada direktori /tmp (Ingat, file akan terhapus jika komputer di restart) :

print('Hello World!')

Setelah itu simpan file dengan nama hello.py. Bukalah terminal dan pindah ke direktori /tmp :

cd /tmp

Ketikan perintah python3 pada terminal :

python3 hello.py

Python Program On Linux

Gimana mudah bukan jika menggunakan Linux ? Sistem operasi Linux memang diperuntukan bagi seorang programmer yang membutuhkan performa komputer yang baik. Mengenai dasar pemerograman seperti algoritma, flowchart, tipe data dan lain sebagainya akan saya jelaskan. Jika ada pertanyaan silahkan komen aja di bawah.

0 Response to "Pemerograman Python di Linux"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel